lebaran (part 2)

masi nuansa lebaran. klo tadi ngomongin soal bayi, skrg soal mistis. pertama, cerita ttg buyut gw. waktu gw sekeluarga lg silaturahmi ke rumah guru ngajinya bokap gw, nyokab cerita ttg buyut gw yg pengen banget mati tp ngga bisa2. bahkan pernah nyoba nyilet tangan sendiri berbelas2 siletan, tetep masi idup juga.

jd ceritanya, buyut gw itu masi keturunan raja di sana, jd hal2 ‘mistis’ kaya gtu masi ada sampe skrg. klo katanya si, harus ngambil ‘ilmu’ nya dulu di Kalimantan (takalar), baru bisa (entah diapain gw jg ngga ngerti). dan yg bisa ngambil cm nyokab ato om gw. trus dilanjutin obrolan ttg keris, transfer ilmu, dan hal2 yg ngga gw ngerti istilahnya. klo dipikir2 secara logis, kaya’nya ngga masuk akal, tp setelah denger cerita NYATA nya, ya percaya ngga percaya gw harus akuin klo hal2 gaib kaya gtu bener2 bener (halah!).

btw (ini out of topic si), gw baru tau, ternyata slama ini gw kidal keturunan org2 takalar sana, soalnya kt nyokab gw, dsana rata2 pd kidal. jadi, dunia itu luas kah? ato sempit kah? klo boleh gw simpulin: dunia itu sempit, tp kompleks. BANGET.

kedua, pas lg ngumpul2 di bandung. keluarga gw (seperti biasa) nginep di rumah kosong di sebelah rumah bude gw. klo taun lalu nyokab gw salam2an sama ‘mereka’, kali ini ‘cuma’ ngelyat anak2 kecil ‘AJA’. tp yauda si, gitu doang. nothing spesial. yg rada spesial itu, pas kita lg nyari makan malem.

jadi ceritanya kan di deket rumah bude gw itu ada warung bakso laku BANGET. anggep aja warung bakso x. nah, abis selesai makan, kita duduk2 di luar sambil foto2. di salah satu foto, di belakang sodara gw, keshoot punggung cewe madep samping, rambutnya panjang, pake baju putih, tangannya direntangin ke samping. taulah, klo kaya pelayan di resto2 gtu bergaya “silakan masuk”.

WOW! ke gap secara jelas! dan dg hebohnya kita diskusi ON THE SPOT! gw ngga ngerti deh maxud bokap gw itu iseng ato emang lg ‘nyari’. klo kata nyokab gw si itu supaya laku. mungkin sama kali tipenya kaya hiasan kucing yg tangan nya gerak2 manggil org supaya dateng. cm beda 'objek' aja. fotonya ada si, tp gw jg blom yakin mau masang dsini ato ngga, soalnya gada gw nya, haha (cuih, narsis)!

balik2 ke rumah bude gw, kita diskusi lg ttg itu. tnyata emang rada aneh si klo dpikir2.

pertama, kita tadinya udh MALES BANGET ksana, secara rame parah! tp bokap malah muter balik ke arah warung bakso itu.

kedua, gw MENDINGAN TIDUR drpd harus ngantri dsitu, tp entah knp gw malah ikut turun buat makan (untung aja gw turun, coba klo gw masi di mobil, wuih, ngga kebayang bakal ‘diapain’ gw supaya terpaksa nyusul makan).

ketiga, dsitu rame, tp ajaibnya, kita dapet tempat duduk TANPA NGANTRI. bahkan gw ngga tau org di dalem kapan keluar nya, yg jelas ada aja kursi kosong.

keempat, kita GADA YG MAU BERANJAK dr tempat duduk yg pertama kali di tempatin, walopun dsitu byk tmp yg lbh pewe. kaya udh ‘diatur’ kita harus duduk dmana gtu.

kelima, abis makan bawaan nya pengen CEPET2 KELUAR soalnya udara panas, sumpek, n sempit. pdhal byasanya kan, ritual pasca makan tuh ngobrol2 dulu, sambil duduk2, yah, santai2 dulu lah sebentar.

yaah~ gw gatau deh 5 alesan itu emang bener2 aneh ato cm maksa. yg jelas, ‘penampakan’ itu BENERAN. Bole percaya bole ngga. Tp gw ngga boong, SUMPAH!

Comments