Monday, February 23, 2009

bad habit

0 comments
begadang.
jaman sd, gw selalu tidur antara jam 8-9 malem.
jaman smp sampe sma, antara jam 9-10 malem.
sekarang? gatau lagi deh. kacau.

dampaknya? timbul kebiasaan baru: tidur siang. pulang kuliah (biasanya skitar jam 1an) tidur. abis itu bangun lagi sore. dan baru tidur tengah malem (ato lebih).

klo diitung2 sih sbtulnya tidur gw cukup (rata-rata 7-9 jam klo diakumulasi ma tidur siang). tapi tetep aja gw masi ngerasa harus tidur 'tepat waktu'. yaah, jam 10 lah paling malem.

kenapa gw bisa kuat begadang? (bahkan tanpa kopi ato supply caffeine)
jawab: karna INTERNET.

emang ya internet itu 'ckckck' banget. gw bisa betah dr pagi sampe malem online. ngga ngapa2in juga padahal. cuma chatting, friendster (sekarang udh ngga lagi, berganti facebook), nge blog (liat2 blog org tepatnya), dan browsing2 ngga jelas (youtube an, googling an, dll). ohya, dan foruman (dulu iya, skrg udh ngga lagi).

gmana ya caranya supaya jam biologis gw bisa kembali 'normal' lagi? minta bokap cabut internet? no way! my half soul will be gone (lebay, haha). trus gmana dong jadinya?

hmm.. mgkn ungkapan ini ada benernya juga ya:

"the best way to solve bad habit problem is NEVER start it"
(tapi klo udah terlanjur gmana dong?)

Sunday, February 15, 2009

apaan banget coba?

0 comments
dikasi pilihan. alah, kamuflase. udah ditetapin dan ngga bisa milih juga kan sebenernya?

dsuruh memutuskan. kamuflase lagi. udah dibuat keputusannya kan sebenernya?

bilang terserah. apa sih maunya sebenernya?

ngga ngerti! jelasin!

Sunday, February 8, 2009

model juga manusia

0 comments
kemaren gw gladikotor penampilan di senayan bareng (finalis) model-model l'oreal.

pas waktu break, gw ngamatin para model itu marking di catwalk buatan. dengan badan langsing, perut flat, kaki panjang, hot pants, dan high heels, entah kenapa gw jadi kepikiran aming. err.

gw duduk sendirian di bawah pohon yg ngebuat salah satu tmen gw bingung "ih, si della kok betah sih duduk di sini, ngga enak gini tempatnya, gelap pula" haha, lo nya aja sih yg ketinggian. gw mah oke oke aja.

model yg blom dapet giliran duduk di beranda2. di situ baru deh (sedikit) keliatan aslinya. ada model yg cemberut (emang sih, drtd si eo nya marah2 mulu kaya org susah), tp pas mulai gilirannya, dia senyum2 lagi. fake, huh?

trus ada lagi kejadian waktu mereka disuruh pake tabung dr kain putih gitu. kaya nya karna pergerakan nya lambat, akhirnya diitung. 10 itungan harus udh dipake.

ada yg tiba2 panik ngga bisa makenya dan akhirnya minta tolong kru nya bantuin (ketauan bgd 'stupid blondie' nya).

ada yg ngomel diem2 karna ngerasa diburu2 waktu (ngga dburu2 juga si sbtulnya, toh yg lain jg bisa langsung siap kok *sepenglihatan sotoy gw).

ada yg balik badan dulu trus menghela napas kesel, madep depan lagi, senyum, trus make tabungnya (rasanya kok jadi kaya lagi apel. klo mau garuk2 harus balik badan dulu. bedanya, ini balik badan cuma buat menghela napas aja. aneh).

ada yg salah pose, cengar-cengir bego, trus pose lagi. (wakakak, gw banget tuh, klo salah refleksnya nyengir).

tapi harusnya model itu profesional bukan? at least 'diimprovisasi' dikit lah biar salahnya ngga keliatan banget (kaya gw pas lg running display jatoh gedubrak tp langsung bangun, dagu up, belagak sok cool *padahal oemji mamen banget tuh rasanya*. dan sukses karna ternyata byk yg ngga ngeh soalnya cuma sepersekian detik, fiuh, yokatta kebodohan gw tidak terekspos).

yg gw takjub, dg high heels super yg bisa dpake buat garuk punggung (apa coba?) mereka bisa jongkok aja loh! meen, jongkok cuy. jongkok sambil jinjit. ckckck, luar biasa (entah harus takjub ato kasian).

ada juga sih yg keliatan kaya super model. super tinggi, super cool, super skinny, super tan, super man (loh?). tmen2 gw sih bilang dia mirip rihanna, tp tetep aja mnurut gw dia mirip aming. yupp, aming is super model (okeh, dengan catatan: tanpa muka).

jadi intinya: model juga manusia. dan gw juga manusia. tp kok beda ya? yaah, at least dunia adil lah, mereka kelebihan tulang, gw kelebihan lemak (di perut, lengan, dll). well, sebuah pembelaan diri yg cerdas del, haha.

'autis' kah?

0 comments
"del, 'autis' banget sih lo jadi orang. sendirian aja bengang-bengong"

'autis' di sini konteksnya: suka menyendiri, hidup di dunianya sendiri, sendirian, mojok, sendirian, bengang-bengong (ato kira2 bgitulah bentuknya).

bukan autis yg penyakit itu. sama sekali ngga bermaksud menyindir atau mengejek. makanya gw tulis 'autis' pake apostrof (eh bner ngga sih tulisannya?).

hmm.. klo dikomentarin gitu, gw cuma bisa ketawa. haha. abis gimana dong? seru sih!

pertama: duduk di pojokan sambil nyender = 'me' space nya lebih luas. berdasarkan pengamatan gw (ceilaah), orang cenderung kumpul di tengah, dan tadaa! jadilah pojokan spot yg sepi dan enak buat duduk bengong.

kedua: agak menjauh dr keramaian = view yg bagus buat ngamatin tingkah laku org. lebih bagus lagi klo dr atas, bisa ngeliat semua aktivitas dr segala penjuru. yey, i like high place!

ketiga: bengong = otak kanan bekerja. bengong ngga sama dg kosong tanpa pikiran. justru itu saat yg pas buat menghayal dan berimajinasi tanpa ada interupsi, cari inspirasi (kebanyakan sih cuma buat sekedar iseng2 gada kerjaan) 'ngobrol' sama diri sendiri, dsb.

keempat: duduk sendirian = (kadang-kadang) disamperin orang. jd gausa repot2 nyamperin, ngegeser2 duduk, nyempil2, tp zonk, sbtulnya gatau mau ngapain. yg ada malah biasanya pd dateng sambil nanya (basa-basi) "ngapain lo sendirian di sini?" dan obrolan seru mengalir dr sini. asik kaan, dapet posisi enak plus temen ngobrol tanpa harus mulai duluan. fufufu.

kelima: 'ngautis' = waktunya tidur! klo alasan pertama-kedua-ketiga udh mulai ngebosenin dan ngga beruntung di alasan keempat, alternatif terakhir adalah TIDUR! yupp, tidur. dan posisi terbaik buat tidur dlm kondisi darurat adalah di pojokan, senderan, sendirian.

percayalah kawan, tidur itu kegiatan paling menyenangkan saat lo ngerasa bosen, capek, ngantuk, dan gada hal lain yang bisa dikerjain. sambil nekuk lutut, nyender di tembok, nyender di bahu orang, kepala di bantalan tangan yg disilangin (klo tidurnya di meja, misalnya pas belajar di kelas), dan style2 lainnya.

gw pernah tidur di bangku gramedia (sendirian pas lg 'parasitan' numpang baca). tidur di kursi di depan mirota butik (sendirian, saking kelamaan nya nunggu tmen gw belanja). tidur di kursi pas ada pameran di jcc (sendirian, pas nunggu org2 dtg buat latian penampilan).

tidur di transjakarta (bukan di kursi, tp selonjoran di bawah deket kursi di belakang karna ngga dapet tempat. tentunya sendirian karna pastinya gada yg mau nemenin menggembel ria di situ, deket tempat sampah pula. tp sebodo teuing lah, yg penting bisa tidur).

tidur di halte bikun sambil nyender di tiang2 (sendirian, ngantuk karna kelamaan nunggu bikun ngga dateng-dateng). tidur di tempat teratas di gym ui pas istirahat latian, mojok senderan di tembok (sendirian, sampe dikira setan ma tmen gw karna tidurnya sambil meluk kaki dan rambut panjang gw digerai dan nutupin muka).

ngga susah kok sbtulnya tidur itu (kecuali masalah insomnia karna 'jetlag', jam biologis kacau, tiba2 berubah kaya transisi dr masa liburan ke masa memulai lagi rutinitas). kuncinya, bikinlah posisi senyaman mgkn, klo perlu bawa bantal di dalem tas in case ada kesempatan buat tidur di lantai sambil selonjoran.

eniwei, biarpun suka 'ngautisan' gitu, gw ngga se-penyendiri itu kok. gw masi suka ngumpul2, nongkrong2 gejeh, jalan rame2, ngobrol2, ber haha-hihi ria. SANGAT suka bahkan klo bisa dibilang.

soal alesan kedua, menariknya, kita bisa ngeliat orang dr 'sudut' lain. misalnya nge gap in org yg tadinya ketawa-ketiwi, pas lagi ngerasa gada yg liat (pdhal gw merhatiin dr jauh, hihi, stalker abis!) ekspresinya berubah jd sedih sambil menghela napas.

atau org yg sok cool, jaim, tiba2 berkelakuan aneh yg bikin 'hmpfh' (pngen ketawa tp ntar dikira org gila). atau menajamkan kuping curi denger omongan org (tapi gw cukup tau aja kok just for iseng, hehe. ngga bakalan ikut campur klo emang gw rasa gw ngga berhak ikut campur).

atau ngebaca gerakan bibir ato body language orang sambil nebak2 dia (atau mereka) lagi ngapain, ngomongin apa. sekali lagi, ini murni cuma 'cukup tau aja'. freak, i know. but it's interesting.

yaah, mungkin banget gw bisa salah tafsir, sotoy, atau apapun. kaya yg pernah dibilang ma tmen gw "jangan suka coba2 nebak mood orang. tanya, biar jelas."

dia bener juga sih. tapi bisa juga salah. tau sendiri kan, manusia itu 'topeng'nya banyak dan berlapis2, bahkan sampe ngga nyadar dia pake topeng ato ngga, saking seringnya dipake. jadi mungkin aja klo dtanya dia ngga ngasi tau yg sbenernya. dan ngga bisa maksa juga kan?

itulah fungsinya 'ngamatin'. seengaknya jd bisa ngeliat peristiwa langka org yg kadang tanpa sengaja memperlihatkan 'muka asli tanpa topeng'nya saat gada org yg perhatiin.

silakan coba dan buktikan. selamat ber'autis' ria! zz.. (jadi ngantuk).

Saturday, February 7, 2009

biological time disorder (part 2)

0 comments
kamis: paginya bangun jam 9. "cuma" kurang 2 jam tidur sih, tp tetep aja berat banget buat bangun. mana ujan deres pula. flu, ngantuk, pusing, ujan, dingin, basah, harus KULIAH pula. ooh, lengkap sudah paket spesial pake telor! bagus.

hari ini org eo dr l'oreal dateng, jadi ngga mungkin gada lat, dan ngga mungkin gw ngga dateng karna mau tidur siang (selfish reason, right?) padahal gw masi 'utang' jam tidur banyak banget.

hari itu pas latian entah knp mood gw bener2 ngga beres. bawaan nya kesel padahal gada apa2, cape banget padahal ngga ngapa2in juga, laper tapi ngeliat makanan eneg, bawaan nya pngen duduk tp rasanya ngga mau diem. akh, ngga ngerti lah, nyebelin deh pokoknya!

mana hari itu apel perdana gw jadi (calon) komlat, dmana gw harus hormat-tegap-grak-in sepasukan. dg suara bindeng, susah fokus, pusing, ngantuk, mood jelek, what more can i say?

jumat: well, good news is, gw bisa tidur jam 1 (yg ngga bisa dbilang 'normal' juga). tapi tiba2, gw kebangun jam 3 pagi, baca sms, ngejarkom, baca buku, dan baru bisa tidur skitar jam 4an, trus bangun lagi jam 8.15!

akh, lagi2 telat bangun, tp kali ini gw lebih santai mandi dulu (mengambil hikmah dr hari rabu, haha). tapi ternyata oh ternyata dosennya udh dateng. sial!

sorenya latian jazz kaya biasa, dan skrg, here am i sitting in front of macbook doing nothing but typing. okeh, gw bertekad hari minggu mau hibernasi, bayar 'utang' tidur slama sminggu yg kurang dr 8 jam, hoho!

Friday, February 6, 2009

biological time disorder (part 1)

0 comments
ngga tau kenapa, seminggu ini jam biologis gw kacau. review nya:

senin. rencananya mau latian mb buat penampilan l'oreal jam brapa ya? (akh, bahkan gw lupa jam brapa! damn) tp dateng-dateng ternyata gada lat (double damn). akhirnya ke margo beli anduk karna di rmh GADA ANDUK (triple damn, grr).

di sepanjang jalan ngantuk terus, puncaknya skitar jam 8an (klo ngga salah). abis itu melek terus sampe jam 1/2 4 pagi. padahal bsoknya kuliah perdana jam 8 pagi.

slasa: (untungnya) dbangunin tmen gw yg kbtulan lg nginep di kosan, jadi bisa bangun jam 1/2 8 (mandi-sarapan kilat). tapi ternyata masi telat juga nyampenya.

sepanjang hari pala gw pusing berat, mata perih pengen merem tapi ngga bisa, flu ngga jelas, aneh deh rasanya. sorenya latian, tp ngga bisa konsen walopun udh nyoba fokus.

abis slesey latian ternyata ada satu dan lain hal yg ngebuat gw harus mengklarifikasi sesuatu. yaah, udh slesey juga sih, tp itu kasus (cieeh, kasus. gaya lo del) perdana gw jd (calon) komlat (hey hey, blom OFFICIAL kan?)

akhirnya jadi ngga ngantuk lagi, tp karna inget bsok ada kul pagi gw maksain tidur, gatau jam brp akhirnya gw ktiduran. sumpah, ngga enak bgd rasanya ngga-pengen-tidur-tapi-harus. dan itu akhirnya membuktikan klo 'needs' & 'wants' itu kadang 2 hal yg bertentangan. (sighs)

rabu: oh men mamen, gw kesiangan bangun. jam 8.10! ngga pake mandi & sarapan (cuma sikatan & cuci muka) lgsg brangkat ke kampus. salah satu hal yg menyebalkan di pagi hari menurut gw adalah: NGGA SARAPAN!

selesai kuliah pertama gw mulai uring2an karna ngga mandi. gatel-gatel lengket-lengket aneh gmanaa gtu. pdhal ngga keringetan juga (bahkan dingin PARAH, ujan soalnya). cuma sugesti sih sbtulnya, tp bikin riweuh (gw gatau gmana deskripsiin nya, pokoknya gtu lah!).

ternyata abis itu gada dosen. "yes, gw bisa tidur siang" pikir gw. tapi ternyata takdir berkata lain. adaaa.. aja macem2. ktmu temen pubdok dulu lah, ktmu anak pd dulu lah. bukan terpaksa juga sih, cuma gw butuh tidur saat itu juga. feel really dirty and sleepy.

sorenya latian lagi sampe malem (work limit). saat itu gw mikir "yes, bsok kul jam 10, jadi bisa bangun siang." dan gw bikin target jam 1 udh tidur, tp ternyata ngga bisa. latian baru slesey jam 12. dtambah makan2, plus ngobrol2 ma tmen gw yg nginep di kosan, baru bisa (maksain) tidur jam 3an (mungkin).