'autis' kah?

"del, 'autis' banget sih lo jadi orang. sendirian aja bengang-bengong"

'autis' di sini konteksnya: suka menyendiri, hidup di dunianya sendiri, sendirian, mojok, sendirian, bengang-bengong (ato kira2 bgitulah bentuknya).

bukan autis yg penyakit itu. sama sekali ngga bermaksud menyindir atau mengejek. makanya gw tulis 'autis' pake apostrof (eh bner ngga sih tulisannya?).

hmm.. klo dikomentarin gitu, gw cuma bisa ketawa. haha. abis gimana dong? seru sih!

pertama: duduk di pojokan sambil nyender = 'me' space nya lebih luas. berdasarkan pengamatan gw (ceilaah), orang cenderung kumpul di tengah, dan tadaa! jadilah pojokan spot yg sepi dan enak buat duduk bengong.

kedua: agak menjauh dr keramaian = view yg bagus buat ngamatin tingkah laku org. lebih bagus lagi klo dr atas, bisa ngeliat semua aktivitas dr segala penjuru. yey, i like high place!

ketiga: bengong = otak kanan bekerja. bengong ngga sama dg kosong tanpa pikiran. justru itu saat yg pas buat menghayal dan berimajinasi tanpa ada interupsi, cari inspirasi (kebanyakan sih cuma buat sekedar iseng2 gada kerjaan) 'ngobrol' sama diri sendiri, dsb.

keempat: duduk sendirian = (kadang-kadang) disamperin orang. jd gausa repot2 nyamperin, ngegeser2 duduk, nyempil2, tp zonk, sbtulnya gatau mau ngapain. yg ada malah biasanya pd dateng sambil nanya (basa-basi) "ngapain lo sendirian di sini?" dan obrolan seru mengalir dr sini. asik kaan, dapet posisi enak plus temen ngobrol tanpa harus mulai duluan. fufufu.

kelima: 'ngautis' = waktunya tidur! klo alasan pertama-kedua-ketiga udh mulai ngebosenin dan ngga beruntung di alasan keempat, alternatif terakhir adalah TIDUR! yupp, tidur. dan posisi terbaik buat tidur dlm kondisi darurat adalah di pojokan, senderan, sendirian.

percayalah kawan, tidur itu kegiatan paling menyenangkan saat lo ngerasa bosen, capek, ngantuk, dan gada hal lain yang bisa dikerjain. sambil nekuk lutut, nyender di tembok, nyender di bahu orang, kepala di bantalan tangan yg disilangin (klo tidurnya di meja, misalnya pas belajar di kelas), dan style2 lainnya.

gw pernah tidur di bangku gramedia (sendirian pas lg 'parasitan' numpang baca). tidur di kursi di depan mirota butik (sendirian, saking kelamaan nya nunggu tmen gw belanja). tidur di kursi pas ada pameran di jcc (sendirian, pas nunggu org2 dtg buat latian penampilan).

tidur di transjakarta (bukan di kursi, tp selonjoran di bawah deket kursi di belakang karna ngga dapet tempat. tentunya sendirian karna pastinya gada yg mau nemenin menggembel ria di situ, deket tempat sampah pula. tp sebodo teuing lah, yg penting bisa tidur).

tidur di halte bikun sambil nyender di tiang2 (sendirian, ngantuk karna kelamaan nunggu bikun ngga dateng-dateng). tidur di tempat teratas di gym ui pas istirahat latian, mojok senderan di tembok (sendirian, sampe dikira setan ma tmen gw karna tidurnya sambil meluk kaki dan rambut panjang gw digerai dan nutupin muka).

ngga susah kok sbtulnya tidur itu (kecuali masalah insomnia karna 'jetlag', jam biologis kacau, tiba2 berubah kaya transisi dr masa liburan ke masa memulai lagi rutinitas). kuncinya, bikinlah posisi senyaman mgkn, klo perlu bawa bantal di dalem tas in case ada kesempatan buat tidur di lantai sambil selonjoran.

eniwei, biarpun suka 'ngautisan' gitu, gw ngga se-penyendiri itu kok. gw masi suka ngumpul2, nongkrong2 gejeh, jalan rame2, ngobrol2, ber haha-hihi ria. SANGAT suka bahkan klo bisa dibilang.

soal alesan kedua, menariknya, kita bisa ngeliat orang dr 'sudut' lain. misalnya nge gap in org yg tadinya ketawa-ketiwi, pas lagi ngerasa gada yg liat (pdhal gw merhatiin dr jauh, hihi, stalker abis!) ekspresinya berubah jd sedih sambil menghela napas.

atau org yg sok cool, jaim, tiba2 berkelakuan aneh yg bikin 'hmpfh' (pngen ketawa tp ntar dikira org gila). atau menajamkan kuping curi denger omongan org (tapi gw cukup tau aja kok just for iseng, hehe. ngga bakalan ikut campur klo emang gw rasa gw ngga berhak ikut campur).

atau ngebaca gerakan bibir ato body language orang sambil nebak2 dia (atau mereka) lagi ngapain, ngomongin apa. sekali lagi, ini murni cuma 'cukup tau aja'. freak, i know. but it's interesting.

yaah, mungkin banget gw bisa salah tafsir, sotoy, atau apapun. kaya yg pernah dibilang ma tmen gw "jangan suka coba2 nebak mood orang. tanya, biar jelas."

dia bener juga sih. tapi bisa juga salah. tau sendiri kan, manusia itu 'topeng'nya banyak dan berlapis2, bahkan sampe ngga nyadar dia pake topeng ato ngga, saking seringnya dipake. jadi mungkin aja klo dtanya dia ngga ngasi tau yg sbenernya. dan ngga bisa maksa juga kan?

itulah fungsinya 'ngamatin'. seengaknya jd bisa ngeliat peristiwa langka org yg kadang tanpa sengaja memperlihatkan 'muka asli tanpa topeng'nya saat gada org yg perhatiin.

silakan coba dan buktikan. selamat ber'autis' ria! zz.. (jadi ngantuk).

No comments:

Powered by Blogger.