zodiak part 1

cukup marah2nya. mending sekarang ngebahas sesuatu yang lagi jadi hot topic: zodiak. yah, sebetulnya topik perzodiakan ini udah dari taun kapan, tapi berhubung isunya muncul lagi, jadi tertarik buat ngebahas.

entah kenapa, semakin gw nyari tau tentang perzodiakan semakin ngerasa seru. kaya "wah wah, pantesan si ini sifatnya kaya gtu. ternyata zodiaknya itu toh" ngga puas, iseng mengamati, trus nemu lagi "wah wah, pantesan si itu sama si ini sifatnya mirip. sezodiak toh" trus sotoy iseng2 berhadiah, tebak2 buah manggis zodiak, takjub "wah wah, ternyata bener!" dan berujunglah pada satu pertanyaan:

kenapa ya, orang dengan zodiak yang sama bisa punya sifat yang 'sejenis'?

well, bukan berarti saklek "klo orang zodiaknya begini pasti sifatnya begitu" juga si. manusia itu ngga kaya mesin fotokopi yang klo 'aslinya' mau diperbanyak 1000 lembar tinggal pencet tombol start. banyak kombinasi faktor yang bikin tiap individu itu unik, gada yang sama. bahkan fotokopi aja suka beda2 kan? ngomong2 soal fotokopi, entah kenapa gw jadi kangen sma di mana jadi 'sahabat selamanya' nya thomas *tukang fotokopian -red* gara2 keseringan fotokopi dan ngobrol sambil nunggu di tempat fotokopian. ah masa sma.

okeh, cukup soal fotokopi. kita lagi bahas soal zodiak sekarang. sampe mana tadi?

jadi pernah suatu waktu, gw lagi ngebahas soal zodiak sama budi. ih del kaya ngga punya temen aja si budi lagi budi lagi. tapi emang itu manusia enak diajak ngobrol dan nyambung si, gmana dong? bahas juga kok sama yang lain, tapi entah kenapa kita punya ketertarikan yang sama aja gtu perihal perzodiakan, jadi seru.

err.. oot lagi. baiklah. lanjut.

di pembahasan itu, klo ngga salah inget, budi ngejelasin klo zodiak itu berasal dari perhitungan rasi bintang. ngebahas juga soal asal usul terbentuknya karakter seseorang. saat golden age (umur 1-5 taun, correct me if i'm wrong) manusia itu kaya tanah liat yang masi lembek, gampang dibentuk. klo gtu, logikanya, keluarga itu penyumbang 'pahatan karakter' seseorang yang paling besar dong ya? dari sini gw bikin 1 hipotesis-blom-tentu-akurat-tapi-ngga-ngasal:

apa mungkin orang dengan zodiak yang sama bisa punya sifat yang 'sejenis' itu karna mereka 'ditakdirkan' lahir di musim yang sama?

logika berpikirnya gini:

musim mempengaruhi mood. mood mempengaruhi cara didik. cara didik mempengaruhi kepribadian. ngomong soal kepribadian, tentunya ngga lepas dari kumpulan sifat2 yang menempel sama seseorang.

singkatnya, kumpulan sifat = kepribadian.

dan ngomongin soal musim, klo ngga salah inget, orang2 pinter jaman dulu (yang ilmunya masi dpake sampe sekarang), mau ngapa2in ya perhitungannya dari benda2 langit buat membuktikan berbagai fenomena alam. makanya ada ilmu astronomi, yaitu ilmu perbintangan. klo gtu, mungkin banget dong klo pembagian musim itu ngeliatnya dari bintang?

dan astrologi, walopun serupa tapi tak sama, dia juga basisnya ilmu perbintangan. cuma bedanya, klo dalam astronomi ngga ngomongin pengaruh benda2 langit terhadap karakter, sifat, kepribadian manusia, dll, dalam astrologi ngomongin banget.

singkatnya, masuk akal banget klo ngeliat bagaimana posisi bintang dan fenomena alam (contoh: musim) yang terjadi juga punya dampak ke kehidupan manusia, termasuk bagaimana sebuah kperibadian terbentuk.

ah belibet. ya pokoknya intinya, walopun saat itu gw ngga googling dan/atau mencari tau faktanya, hipotesis gw seenggaknya beralasan, ngga ngasal2 amat (ah intinya sangat amat ngga efektif dan efisien deh)

Comments