#12 tka

di sabtu pagi yang cerah ini gw mulai dengan mengerjakan tka diselingi segala selang-seling browsing random. work hard play hard, no? (ah alesan)

mau cerita sedikit. tema tka gw adalah kampanye pemasaran terpadu friskies. kenapa friskies?

1. dari awal gw mikir, ini adalah tka 'idealis' di mana gw pngen bikin sesuatu yang menarik minat gw, dengan satu tujuan: gw lulus puas. dan dunia kucing adalah 'sesuatu' itu, makanya gw pngen mengangkat tema ini jadi tka gw. oiya, sekaligus gw dedikasikan buat ketiga kucing gw, si jutek chimoy, si manja (alm) chiput, dan si ratu galak cleo.

2. udah pernah bikin kampanye tentang friskies di semester 6, mata kuliah praktikum periklanan (prakprik). bukan berarti gw tinggal nyontek, tapi gw pngen melanjutkan apa yang udah dbikin bareng2 kelompok gw (dachi desy dea(chu) diah. geng-d, haha). gw ngerasa tugas kuliah waktu itu menarik banget buat dbikin versi tka nya, lebih lengkap dan lebih detail. izin meng ekstensi kan per friskies an kita ya teman2.

3. kata mas hari (dosen, PA, sekaligus pembimbing tka gw), si friskies itu blom ada promosinya selama beberapa tahun terakhir, soalnya masi impor dan ngga punya pabrik dalam negeri, padahal pasarnya menjanjikan. hal ini bikin gw penasaran, kaya apa si friskies itu diliat dari sudut pandang nestle purina sebagai 'payung' nya?

4. dulu waktu riset buat tugas prakprik, gw dkasi kartu nama orang purina dari salah satu dokter hewan di petshop, klo ngga salah namanya dokter rida. ini bikin gw mikir "yes yes asik. lumayan udah 'megang' contact person klo jadi mau tka tentang friskies" sayangnya karna keseleboran gw, kartu namanya ilang, hiks hiks.

5. berhubung si friskies ini blom ada promo dan kampanye, kesempatan buat gw bikin sesuatu yang baru. walopun kayanya susah, harus ke nestle cari data lalalala plus agency yang nanganin friskies masi misteri, tapi gw ngeliat peluang dsini. peluang dari sebuah brand yang udah dikenal, penjualan lumayan, tapi stagnan.

trus gw menemukan kenyataan pahit dari forum2 kucing bahwa dry food itu ngga bagus buat kesehatan kucing, gw jadi mikir dua kali, agak bimbang, friskies ngga ya? (itung kancing)

akhirnya gw bikin outline cadangan buat kampanye pemasaran terpadu himbauan memakai helm. mulai deh tuh kan cari2 info. labil, ngga suka baca data tentang kecelakaan, akhirnya balik lagi ke friskies, setelah bertahan (cuma) beberapa hari. haha.

oiya, sempet juga pngen pake cornetto, secara brand itu lagi dpegang sama lowe. tapi entah kenapa gw ngerasa ngga 'sreg' aja, akhirnya ngga jadi. balik lagi ke friskies. emang deh, klo udah satu ya satu aja del, konsisten lah jadi orang.

kmaren sempet sedikit mikirin bab 3 dari basis analisis bab 1 yang udah ada dari jaman prakprik. walopun emang harus riset ulang, yah seenggaknya udah ada bayangan lah mau kaya apa ntar strateginya.

emang dasar ini otak ngga sistematis, di tengah jalan ngerjain bab 3, gw pusing dan akhirnya ngerjain bab 2. trus bab 2 blom selesai, udah kburu ngantuk dan bosen. berhubung blom ada data brand sama blom sempet nyentuh perpus sama sekali, sementara ini dulu lah. dan nampaknya gw harus bikin timeline ngerjain deh ni. kebiasaan deadliners, klo ngga dkasi deadline ya ngga dikerjain. kecuali klo lagi niat, haha.

klo kata si joker ketek super nyebelin itu:

"orang pintar itu bukan cuma dilihat dari hasil pemikirannya, tapi juga ketepatan waktunya mengerjakan sesuatu"

gw mau jadi orang pinter ah kali2. siapa tau bisa nimpukin orang yang nyebelin pake batako dari jarak jauh (err.. beda konteks itu del kayanya)

buat ke depannya, klo gw berdoa "semoga gada shit happen" itu ibarat mau berenang tapi gamau basah. konyol. jadi doanya gw ubah "semoga klo ada shit happen, gw bisa menanganinya dengan baik" amin aja dulu deh buat sekarang.

Comments

Shanti said…
bahahahah doa kita sejenis! *TOS*