#13 the joneses

the joneses, film tentang sebuah keluarga kaya raya, selalu keliatan 'wah', dan terlihat rukun damai sejahtera adil makmur sentosa impian jaya ancol semua manusia. suami seorang businessman yang kharismatik dan punya lengkap: harta, tahta, wanita. istri cantik dan seksi yang super fashionable dan jadi trend setter buat orang2 di sekitarnya. 2 anak (cewe-cowo) yang populer di sekolahnya. baju, gadget, dan mobil keren yang selalu up date. dari luar, mereka digambarkan sebagai keluarga ideal yang bikin iri tetangga2 sekitar.

di balik itu semua, ternyata mereka bukan keluarga sungguhan. mereka adalah orang2 yang dibayar untuk 'mengiklankan' setiap brand yang melekat di badan mereka dengan cara halus. istilahnya stealth marketing. jadi segala interaksi mereka itu mengarahkan pada gimana caranya orang jadi punya keinginan untuk punya barang2 yang mereka punya. dan tiap bulan, ada agen dateng, mengevaluasi 'penjualan' mereka.

punya barang2 terbaru nan mewah tanpa ngeluarin uang sepeserpun, bahkan dibayar untuk itu, siapa yang ngga mau? tapi yang namanya hidup itu rasanya ngga seru klo gada konflik dan intrik (halah bahasanya berat).

di tengah kesempurnaan hidup mereka, ternyata mereka itu ngga se'ideal' dan seprofesional itu. suaminya ternyata beneran suka sama istrinya. anak yang cewe suka 'main' om2, yang cowo gay. sementara mereka merindukan kehidupan normal kaya yang lainnya, tetangga mereka sampe bunuh diri gara2 frustasi pngen banget jadi mereka tapi ngga mampu.

###

terlepas dari kritik tentang film ini yang bagus di awal cheesy di akhir dan adegan bunuh diri yang terlalu lebay (menurut gw), nonton film ini gw jadi mikir. sebetulnya selain citizen journalism, kita itu juga citizen advertiser. segala hal yang kita beli itu secara ngga langsung kita 'iklankan' juga. istilahnya, kita kaya lagi pake baju panitia di mana biasanya di bagian punggung ada logo sponsornya. bedanya, klo baju panitia berlogo sponsor itu karna mereka emang dibayar buat 'beriklan'. sedangkan dengan 'beriklan' pake baju brand x, kita membayar, bukan dibayar.

so is it to buy is to sell?

Comments