sudoku

akhir2 ini gw menggila (lagi) karna sudoku. oh men, harusnya gw ngerjain tka yang tinggal sebulan kurang lagi ini. tapi entah kenapa buku sudoku tampak begitu menggiurkan untuk dicoret-coret. nyam.

tiap bangun pagi yang dilirik setelah hp pasti buku sudoku yang ngga selesai-selesai itu. trus ya, gw udah ngga ngerti lagi deh kenapa klo ngeliat kotak-kotak bawaannya pngen nulisin angka 1-9? udah fix ini freak banget. haaah.

katanya si main sudoku itu bisa mencegah alzheimer dan ningkatin kemampuan berpikir. amin aja deh gw. tapi klo bagi gw, hikmah yang bisa gw ambil dari permainan sudoku itu: pilihan ada banyak, tapi solusi cuma satu. dan ngga bisa asal gambling "ah isi ini aja, ntar klo salah tinggal apus". bisa rusuh banget itu ngapusinnya. klo salah langkah efeknya bisa kaya domino.

trus (sok) mikir filosofis. hidup itu kaya main sudoku. gausa rebutan 'kotak', kita punya 'kotak' masing-masing kok buat diisi. tinggal atur strategi gmana caranya biar bisa nempatin 'kotak' yang pas. beuh. dahsyat ya sudoku itu. ngga heran dong gw tergila-gila berat sama itu mainan? (membela diri)

selain sudoku gw pernah juga freak main tetris sampe klo ngeliat ada lobang bawaannya pngen di'tambel' sama kotak-kotak pixel ala tetris. aduh gmana ya ngejelasinnya? ya gitulah pokoknya (menjelaskan banget loh ini del). kayanya gw pernah nge post juga deh tentang per tetris an.

trus pernah juga freak main tts, scrabble, bingo, boogle, xoxo, othello, congklak, main yang nyilang-nyilang kata (aduh apa sih itu namanya?), dll. btw, kenapa ya tts tuh covernya suka 'dangdut pantura' banget? trus pake kertas burem keplek-keplek. jadinya kan image nya tts itu buat abang-abang supir angkot. trus klo gw suka main tts berarti gw kaya abang-abang supir angkot dong? hiks. kejamnya dunia (drama)

soal xoxo, gw udah suka itu mainan dari jaman sd pas pelajaran komputer. waktu itu gw kenalnya namanya ngg.. lupa. buka mainannya masi harus pake dos gitu. bahkan klo ngga salah dulu ulangannya main itu deh. klo othello, gw selalu ngincer pojokan. emang itu sih rahasianya. trus kaya ada kepuasan tersendiri gtu klo bisa nguasain pojokan. jadi kaya ketua geng. cool yah (err.. del)

klo bingo, gw lupa main sama siapa aja, tapi pernah tuh gw bahkan ngabisin berlembar-lembar kertas buat main bingo doang. padahal bisa aja bikin kotak pake bolpen trus nulisnya pake pensil, tapi gw lebih suka bikin baru aja. biar bisa mengevaluasi dan menganalisa permainan sebelumnya. freak abis emang (gw udah nulis freak berapa kali si? kayanya banyak banget ya. freak)

klo mainan yang butuh lawan tapi gw ngga punya lawan main biasanya ya gw main sendiri ato lawan komputer. hahaha, sedih banget ya hidup gw? tapi wajar si, kan ngga selamanya orang punya mood main mainan 'mikir' yang sama kaya kita. tapi emang ngga seru si main sendiri. ketebak banget 'settingan' langkahnya (ya iyalaaah)

eh iya, ngomong-ngomong, kan gw lagi ngebahas sudoku. kenapa oot banget deh ah. tapi sayang tulisannya klo diapus. ah labil. lanjut deh bahas sudoku. ntar klo lain waktu gw lagi vakum freak sudoku dan beralih ke mainan lain gw nulis lagi deh.

okeh, lanjut soal sudoku. gw pernah nyoba bikin soal sudoku trus ngerjain sendiri. susah boook. ngga selesai gw bikinnya. lebih tepatnya bingung si. salut deh sama tukang bikin sudoku. itu gmana ya caranya? pake rumus algoritma lalalala ya? aaah, pngen deh minta ajarin klo ketemu tukang sudoku. pasti orangnya jenius!

btw, klo punya anak namain sudoku aja apa ya? biar bikin penasaran. ntar nama panjangnya sudoku sudomu. wuidiiih! (seenaknya ngasi nama) ah udah ah, absurd banget ini postingannya.

Comments

Shanti said…
saya saya ketagihan main TTS! tapi enakan ga sendirian sih mainnya. skrg lg happening *caelah* ni di rumah gw rame2 ngerjain TTS di Kompas Minggu. dulu pas SMA gw berdua sm temen gw ngerjain TTS The Jakarta Post yang dipasang di koran dinding sekolah. trus pas SMP yaa yg happening di kelas gw adalah buku TTS seribuan yang sampulnya cewe2 ituh.. hihi..

tapi TTS di tempat yg sama cenderung ada kata2 yg keluar mulu. jd suka ketebak.

seneng gw ngerjain TTS, nambah kosakata soalnya hoho
Asiiik! Kpn2 klo ke latian bawa buku tts 'dangdut pantura' deh. Kerjain ramean, hohoho! Btw, ada ngga si sbtulnya buku tts yang kertasnya bagusan dan dijual bebas di toko buku? Gw suka nyari tapi blom nemu soalnya