#1 recap 'ujian'

the old classic way to start this first day project: recap. pertama, yang paling 'gampang' dulu. mau copas notes fb gw beberapa waktu yang lalu deh buat jadi guideline. begini tulisannya:

###

2011

*missed 1st guard audition
...at the same date as family gathering
*missed dream on audition (namarina dance musical)
...at the same date as 2nd guard audition
*failed in 2nd guard audition
*got dengue fever
...not so long after that,
*bf got typhus
...during my final school (college) project
*failed a walk in interview as flight attendance
...twice
*got hit by motorcycle
*broke a leg
...at d-1 the story rehearsal (namarina dance musical)
...at d-3 the story performance
...at d-5 3rd guard audition
*missed the rehearsal
*missed the performance
(automatically) will miss the audition
*accepted as jember fashion carnival (jfc) volunteer
...but won't make it, still "break a leg" (literally)
*will miss performing at madah bahana in concert (mbic)
*not yet employed

well, what more can i say but "what doesn't kill you make you stronger"? :D

###

sekian dan terima kasih banget ya hidup gw di tahun 2011 ini. cobaan datang silih berganti, gagal di sana sini, tapi tetep tahun yang berkesan di hati (beuh). emang dasar gw nya yang masokis ato apa, tapi entah kenapa, gw menikmati tiap2 'ujian' di tahun ini.

1. audisi pertama guard

saat gw ngga bisa ikutan audisi guard yang pertama, saat itu gw lagi ada acara keluarga di bali yang udah direncanain jauuuuuh sebelumnya, sebelum diputusin ada acara audisi2an itu (ya kali deh gw tiba2 ngga ikut, bisa2 dipecat jadi anggota keluarga). walhasil, jadilah pikiran gw selama 2 hari melayang2 ke depok. gmana audisinya? gmana audisinya? gmana audisinya? gw bener2 kepikiran dan sekepo itu sampe ngga bisa lepas mantengin timeline twitter buat ngecekin tweet2 yg berbau2 audisi. jujur, agak 'ngga terima' juga sih, kaya "ih kenapa sih bentroknya ngga enak banget gini? bole ngga gw milih dua2nya?" well, tapi tiap pilihan selalu ada konsekuensi lah ya.

but the bright side is, liburan ke bali itu cukup untuk me recharge energi gw waktu itu buat ngerjain tka lagi. break singkat yang menyenangkan walaupun dengan "argh argh argh kenapa gada banget kamera cadangan layak pakai deh" setelah bokap dengan indahnya ngga sengaja nyemplungin kamera ke laut. zzz.

2. audisi kedua guard

skip deh. gamau inget lagi betapa super kekinya gw sama satu orang yang kaya ngga bersyukur itu. di saat ada orang yang segitunya berharap ada di posisi dia dan dengan senang hati menggantikan, si orang itu malah bertingkah seenak jiwa dan begitu aja mengabaikan. grr tuh kan jadi inget lagi. ngga jadi skip deh kan jadinya.

klo mau 'itung2an', saat itu harusnya gw ikutan audisi buat pentas namarina, tapi demi audisi yang kedua ini yauda (lagi2) gw harus memilih dan mengorbankan salah satunya. gw 'bela2in' ngga ikutan audisi pentas namarina 'demi' ikut audisi kedua guard ini. sementara itu, kemanakah dia? ah tau lah. klo kata orang bijak, ngga perlu lah mikirin orang yang ngga mikirin kita.

but the bright side is, gw banyak belajar. untuk sabar. untuk nahan diri. untuk ngga 'gegabah' (walaupun gatel setengah mati) dengan nyindir ataupun ngomong yang ngga ngenakin. at times, i felt like "why you guys are just standing there, seeing those lies and unbearable attitude but still pretending like nothing happens?! GEEZ!!!" but well, 'google before you tweet'*, no? so then i decided to not put any intention on that case. keep calm and elegant. haha.

oiya dan satu lagi, belajar menerima dan menghargai keputusan yang udah dibuat. walaupun yah pada akhirnya bener kan? ngga perlu lah mempertahankan orang yang bahkan dari dirinya sendiri udah ngga niat. kasian yang lain yang masih niat. tapi yaudalah ya, di balik segala kekekian itu, gw masi setia mendukung unit tercinta itu kok :)

*note: 'google before you tweet' is the new 'think before you talk'

3. demam berdarah

blom selesai 'drama2an' audisi 2 nya, gw kena DB. dan kena DB berarti disuntik berarti diinfus berarti diambil darah. hail to the world, the doom has come. gada banget apa ya teknologi yang bisa menggantikan jarum suntik?

but the bright side is, i beat my biggest fear on earth: that heartless syringe and its thingy inside. YEAH! walaupun diiringi dengan repetan, makian, dan 'kehebohan' pra disuntik, yaaa.. mau gamau kan ya. klo mau sembuh ya harus mau ngelawan takut dong.

selain itu, banyak banget yang dateng ngejenguk dan ngedoain. seneng banget hp, kamar RS, dan rumah mendadak rame terus selama berhari2. plus bonus dikasi kue bikinan sendiri, kartu2an bikinan sendiri, beragam makanan minuman dan buah2an, bahkan disamperin langsung dari semarang dibawain spaghetti maha enak (padahal mulut rasanya pait dan perut rasanya maha eneg). like a king banget lah, haha. makasih ya semuanya :)

selain itu, berhubung masa2 bed rest bener2 ngga boleh kmana2, gw mendadak jadi produktif tingkat dewa. tracing muka sana sini demi mengatasi kebosanan akut dan sebagai pengalih perhatian akan kegalauan masa depan. padahal mah ya dulu gw alergi banget yang namanya pake pen (di photoshop maupun illustrator). tapi semenjak kenal sama yang namanya tracing, pen malah jadi tools favorit (walaupun sampe sekarang blom jago2 juga. huft, payah ea wa)

4. budi kena tifus

"ini sakit janjian ato apa sih?" inilah yang pertama kali terlintas di otak gw pas tau budi sakit. dan pas di saat gw ultah. dan pas di masa2 deadline pengerjaan tka. oh dear tka, you've been through tough time, haven't you? bulan lalunya gw sakit pas 8 bulanan, bulan berikutnya budi sakit di tanggal 3 bulan 5. sama2 8 (maksa abis sumpah). di pergantian umur saat itu, di antara doa2 yang lain, terselip juga doa akan kesembuhan si manusia kepiting satu itu.

but the bright side is, gw belajar jadi suster. hahaha, ngga becus banget lah tapinya. udahlah udahlah udahlah gausa diinget2 lagi lah. malu2in.

5. walk in interview pramugari

salah satu cita2 gw dari kecil. dan sepertinya cita2 kebanyakan anak kecil. ya ngga sih? apa cuma gw doang? saat itu dedi minta kehadiran gw (bertiga sama mei dan putra sih) buat ikut audisi ketiga. kali ini gw memilih ikut walk in interview. memilih, memilih, dan memilih. hidupnya banget ya.

gagal sih, dua kali pula. but the bright side is, gw jadi tau gmana garuda memproses para calon pramugarinya. first appearance first. saat itu gw sadar "oooh segini ngaruhnya ya penampilah itu" (kmane aje kmaren2 neng).

6. kecelakaan

i broke my left leg. bertubi2 banget gw harus nahan nyesek selama setengah desember itu. pertama, karna besoknya gw GR dan besok lusanya gw pentas. kedua, karna diumumin klo gw keterima jadi volunteer jember fashion carnaval. ketiga, karna sebulan lagi madah bahana in concert. keempat, karna 2 minggu lagi grand prix marching band. kelima, karna itu h-5 audisi ketiga guard.

yang berarti: pertama, gw ngga bisa ikut dance workshop, GR, showcase, pentas, dan rangkaian kegiatan lainnya seputar peringatan ultah namarina yang ke-55. kedua, gw ngga bisa jadi volunteer dengan kondisi kaki yang kaya gini lah ya pastinya. ketiga, harus ikhlas menerima status sebagai penonton merangkap pubdok di mbic dan bukan sebagai pasukan. keempat, ngga bisa ikut rangkaian try out dan parking lot selama gpmb. kelima, ngga bisa ikutan audisi (tapi ternyata ngga jadi).

but the bright side is, gw jadi punya buanyaaak banget waktu buat keluarga. dan lagi2, gw berhasil menaklukan ketakutan akan jarum suntik. gw juga ngga ngerti ya kok bisa2nya gw masi bisa ketawa2 sambil nahan sakit pas kaki gw patah tapi meraung2 pas tau gw harus disuntik. jarum suntik tuh mainannya mental image sih. menakutkan.

oiya, ngga lupa beribu2 makasih buat kunjungan2 di RS maupun di rumah serta sejuta doa buat kesembuhan si kaki ini. bahkan anak2 guard pada bela2in abis latian tambahan malem2 langsung 'terbang' buat ngejenguk rame2 malem itu juga (dan rumah sakit heboh seketika, haha). seneng banget dapet banyak sesajen dari mulai bunga, sushi, cokelat, pizza, cake, susu, donat, sampe cokelat berbentuk kucing. tak lupa uang THR lebaran dari para tante dan bude. asik lah hahay. berhubung patah kaki gada hubungannya sama nafsu makan (apalagi nafsu ngeliat duit), jadi tak ada masalah dengan menelan makanan2 tersebut dengan nikmat (kecuali bunga, karna gw bukan suzanna).

hikmah lainnya, gw bener2 jadi belajar buat selalu bersyukur. berasa banget betapa berartinya kaki sehat itu. ngga perlu ditulis lagi lah ya, udah pernah di posting juga. oiya, sama kaya waktu DB, kegiatan pengangguran ini bikin produktif ber tracing2 an ria. tapi berhubung gw banyak jalan2 (ceritanya menyibukkan diri) jadinya ngga seproduktif waktu itu. tapi yah lumayan lah. satu-dua jadi.

begitulah sedikit recap 'ujian' di 2011. dan well, segelintir 'ujian' ini ternyata berhasil juga dilewati, fuh. badai pasti berlalu, dan badai 2011 udah berlalu. mari bersiap akan badai2 berikutnya.

"well, life is a test, isn't it?"

gw yakin kok Allah ngga bakal ngasi ujian yang ngga bisa dilalui umat-Nya. just don't ask Him to give you a lighter burden, ask for broader shoulders.

Comments

Budi Hartanto said…
nih... *ngasi pinjem bahu*


...kok jadi horor @___@