#20 friday the 13th



selamat tanggal 13 di hari jumat!

udah cuma pengen mengabadikan itu aja. haha, sampah ya. biarin deh, jarang2 abisnya nemu jumat yang bertanggal 13. mau nulis yang horor2 ngeri sendiri. mau cari tau film friday the 13th males nontonnya. mau apalagi ya? mau pelihara anak harimau. krik.

eh ngomong2 soal friday the 13th, apa boleh buat, berhubung penasaran, jadilah gw guglingan dan menemukan kalo fobia akan tanggal 13 di hari jumat itu dinamakan friggatriskaidekaphobia.

'frigga' diambil dari nama dewi yang melambangkan cinta dan kasih sayang dalam mitologi nordik (mitologi pada zaman viking di daerah eropa utara). si dewi frigga ini konon katanya jago meramal tapi ngga pernah menceritakan apa yang dia ketahui ke siapapun. talk less see more.

eniweeei, nama 'frigga' inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut hari kelima dalam tanggalan, yaitu 'fredag' dalam bahasa norway atau 'friday' dalam bahasa inggris atau 'jumat' dalam bahasa indonesia (jauh ya)

sedangkan 'triskaidekaphobia' diambil dari nama latin fobia terhadap angka 13. berikut line pertama mengenai angka 13 dalam wikipedia:

"13 is the natural number after 12 and before 14"

err. okay. next.

menurut mitos populer, hari jumat sering diasosiasikan dengan hari sial, begitu juga dengan 13 sebagai angka sial. makanya tanggal 13 di hari jumat itu sialnya dobel (katanyaaa..)

kenapa bisa begitu?

singkatnya, angka 12 itu digambarkan sebagai angka yang sempurna (12 bulan dalam setahun, 12 shio, 12 dewa-dewi yunani, 12 angka dalam jarum jam, dsb). makanya, angka 13 seakan2 menjadi angka 'kutukan' karna merusak kesempurnaan tersebut.

sedangkan hari jumat diasosiasikan sebagai hari sial salah satunya karna konon, di hari jumat inilah yesus disalib. ada yang bilang sebetulnya hari rabu, tapi entahlah, gw juga kurang begitu ngerti. mohon koreksi kalo salah.

btw, ada beberapa hal yang bikin gw bertanya2.

pertama, dalam fobia angka 13, orang yang mengidapnya akan merespon dengan ketakutan dan berusaha menghindar tiap ketemu angka 13 atau gmana ya? gmana bisa menghindari sesuatu yang tak terhindarkan? agak nonsense sih menurut gw. kan kalo kata pepatah "kita tidak bisa menghindari kenyataan, karna kenyataan selalu ada di depan mata kita". tapi yang namanya kelainan yaaa.. makes sense sih jadinya. dan yah kadang, kenyataan itu kan fobia terbesar sebagian umat manusia di bumi bukankah?

ah ini gw ngomong apa sih? lanjut.

kedua, kalo jumat adalah hari sial karna di hari itu yesus disalib, bukannya dalam rangkaian perayaan paskah, orang2 kristen menyebutnya sebagai jumat agung ya? harusnya jadi hari suci dong ya?

ketiga, kalo dewi frigga itu dewi cinta dan kasih sayang, harusnya hari jumat itu jadi hari cinta dan kasih sayang kan ya?

keempat, sepengetahuan gw, dalam islam, jumat itu adalah hari mulia, makanya demi 'hari raya mingguan' ini maka ada larangan berpuasa di hari jumat, shalat 'spesial' di hari jumat, serta jumat sebagai hari libur di arab sana. melihat ini, dari sisi mana ya sialnya? well, kecuali bagi ikhwan yang kemalingan sendal di hari jumat siang sih. just his luck deh ya kalo itu mah.

kelima, bukannya jumat itu populer dengan frase "thank God it's friday" ya? tentunya karna besoknya hari libur. jadi sebetulnya jumat bisa dibilang hari penuh syukur ketimbang hari sial ngga sih? justruuu.. yang sial itu harusnya hari senin. "oh God, why it's monday again"

begitulah segelintir 'wondering' di hari jumat tanggal 13 ini. fuh, bisa jadi tulisan sepanjang ini juga ya. padahal tadinya cuma pengen nge post gambar doang, mengabdikan tanggal 13 di hari jumat, haha sampah.

kesimpulan:
tanggal 13 di hari jumat. kata siapa itu hari sial? katanyaaa.. katanyaaa..

(kesimpulan yang sungguh ngga bermutu)

Comments