insightful conversation


mau cerita sedikit. sebetulnya niat awalnya adalah mengomentari postingan budi yang ini. cuma karna kepanjangan atau karna si blogspot nya lagi sensi atau entah karna apa, gw ngga bisa posting komen dsitu. jadi yaudalah gw bikin posting sendiri aja dsini.

###

alkisah, selama 17 hari kmaren (23 april - 9 mei 2012) gw pergi ke jepang, dan selama 8 hari (28 april - 5 mei 2012) gw ikut golden week trip yang di handle sama orang asli jepang asal shizuoka, namanya mochan. apa itu golden week? singkatnya, golden week itu adalah deretan hari libur di jepang dan merupakan hari libur terpanjang bagi orang2 jepang. penjelasan lebih lengkap bisa dicari di google.

fyi, si mochan ini udah menyelenggarakan trip yang dinamain wishclub dari taun 1993. apa itu wishclub? jadi begini, mochan dari kecil udah punya cita2 bikin perkumpulan internasional, makanya pas dia udah dewasa, dia wujudkan dalam bentuk wishclub ini, yang diselenggarain tiap taunnya. trip wishclub ini kaya semacam tur keliling jepang dengan mini bus yang bisa memuat kurang lebih 15 orang. awalnya, yang ikut cuma orang2 lokal, tapi lama kelamaan berkembang jadi campuran antara turis lokal dan internasional. wishclub punya macem2 trip. sblom golden week trip, dia ngadain sakura trip yang bertepatan dengan puncak bunga sakura mekar. di musim panas, ada summer trip. cuma di musim gugur dan dingin aja yang blom ada jadwal trip. mari kita berdoa supaya ada trip di musim gugur 2 atau 3 taun mendatang biar bisa kesana lagi. aamiin.

###

anyway, ada sebuah percakapan yang 'menggelitik' antara gw dan mochan. sebetulnya percakapannya panjang, tapi yang pengen gw share adalah yang bagian ini. mungkin nanti bisa dibikin sesi selanjutnya kalo ngga males. kira2 beginilah (sebagian) percakapan kami: *terjemahan bebas*

della: mochan, lo ngga bosen apa bikin wishclub trip ke tempat yang itu2 lagi selama belasan taun? trus ngga capek apa nyetir bis sendirian dengan perjalanan jauh yang bisa sampe 12 jam gitu? blom lagi nyiapin segala keribetan selama trip dan kemauan yang aneh2 dari kami ini. dan 'seksi sibuk' nya cuma lo berdua sama erika. capek banget kan pasti?

mochan: gw ngga peduli tempatnya. gw ngga peduli capeknya. gw cuma seneng ketemu orang, bangun relasi, ngobrol, dan punya keluarga baru dari orang2 dari segala penjuru dunia. bagi gw, excitement orang2, suasana hangat selama perjalanan, senyum dan tawa orang2, plus obrolan2 yang selalu seru dan menarik itu jadi semacam charger energi. semua capek ilang seketika. itulah kenapa gw seneng ngejalanin wishclub ini. ketemu banyak orang bikin gw bahagia. i love meeting people.

della: terus tanggapan dari lingkungan sekitar gmana? maxudnya, milih buat ngejalanin hidup yang 'ngga biasa' kaya gini kan konsekuensi nya adalah dianggap 'aneh' sama lingkungan. apa justru pada ngedukung?

mochan: ya pastinya di awal2, lingkungan nganggep gw 'aneh' dengan gaya hidup yang sangat ngga 'typical japanese', tapi lama2 lingkungan bisa nerima kok. lagian gw percaya kalo keluarga gw ada dimana2. jadi kalo ada yang ngga terima, banyak kok yang mau menyambut gw dengan hangat dan tangan terbuka. life's short, so enjoy. lakuin apa yang bener2 pengen  lo lakuin dari hati dengan bertangung jawab, sungguh2, konsisten, dan fokus. sayang kalo umur kita yang singkat ini dipake buat hal2 yang kita ngga 'into it' cuma karna tuntutan lingkungan.


della: btw, kalo boleh tanya, lo dapet penghasilan darimana?


mochan: gw ngga peduli hal2 yang berbau materi (duit). dulu pernah gw punya bar, tapi karna gw ngga gitu suka berbisnis, gw jual bar nya buat serius di wishclub ini. dan kebetulan, waktu meninggal, ayah gw mewariskan 1 rumah di shizuoka dan 1 mini bus ini. jadi gw ngga perlu bayar uang sewa atau cicilan rumah lagi dan udah punya kendaraan buat pergi kemana2. plus gw masi punya uang simpanan dari bisnis bar waktu itu. lagian, hidup sederhana kaya sekarang ini udah sangat cukup kok buat gw. maybe i'm not rich in money, but i'm rich in human relationship.
  
###

oiya, gw sempet ngobrol juga sama erika. lagi2, percakapannya sebetulnya panjang, tapi (sedikit) bagian yang mau gw share adalah sebagai berikut: *lagi2 dengan terjemahan bebas*

della: erika, boleh tanya sesuatu ngga?


erika: ya?


della: lo sama mochan itu sebetulnya temen apa pacar?


erika: kita pacaran, tapi buat mochan, pacar, keluarga, maupun temen, semua sama. he loves people. tapi buat gw ngga masalah sih, karna toh gw juga seneng sama wishclub ini. gw sangat mendukung dan pengen ada di samping mochan dengan berusaha ngebantu dia ngejalanin wishclub, jadi gpp deh kalo kasih sayangnya 'dibagi2' buat banyak orang, haha.

sweet :3

###

oh betapa beruntungnya gw ketemu orang2 yang luar biasa insightful di trip ini. rasanya pengen banget ke jepang lagi dan ikut trip nya wishclub lagi.


penampakan manusia2 yang ikut golden week tour di depan bis wishclub

suasana super heboh di dalem bis. 'harta karun' bagi mochan

mochan dan erika si pasangan unyu

Comments

Santika Sari said…
aaah della senangnya. iri sangat
minta ndun bulan madu ke jepang bot, hehehe ;p
Yuni W said…
kalo gw bisa bikin prasasti rasa iri gw ke lo pastinya udah ngalahin gedenya prasasti mulawarman deh del hahaha.. tapi seneng juga sih akhirnya salah satu dr kt udah ada yg ke jepang, negeri impian sejuta fan girl.. btw, si mochan hidupnya baik bener super inspiring ya doi belum lagi si ceweknya beuuh dorama beneran eksis ya
Budi Hartanto said…
jadi yg mau kamu komen di postingan aku apa? :D
yuni: kalo per dorama an mmm.. ngga juga sih. tapi kalo kawaii onna do exist in japan!!! gw bener2 banyak nemuin cewek2 yang kawaii banget, baik dari fashion, sifat, pembawaan, sampe gaya bicara. huahaha :))

budi: ngg.. sbtulnya ngga nyambung sih, tapi mochan somehow ngingetin aku sama (postingan) kamu, makanya tadinya mau komen sesuatu, hehe