berpikir kritis

s: ...tapi blm sampe ke setuju/ga setuju
f: emg harus setuju/ngga setuju ya? hehe
s: hmm kan tujuan berpikir kritis utk menentukan sikap hehe
f: gw kadang malah mikir, berpikir kritis itu bukan u/ menentukan sikap, tp ngeliat 'gajah secara utuh'. bukan plin plan ngga punya sikap, tp belajar menyimpulkan
s: trs kalo udah liat? tuh akhirnya menyimpulkan jg kan
f: soalnya, kadang ada aja gitu, org yg udh nentuin sikap duluan sblom liat secara keseluruhan
s: ya blm berpikir kritis itu. kan berpikir kritis hrs liat dr berbagai sudut pandang, meskipun blm tentu bisa liat sepenuhnya. yg penting ga serta merta setuju/ga setuju
f: gw kepikirannya kaya six thinking hat nya de bono. 'milih' sikap duluan, tp bukan berarti ngga kritis















...kaya sekarang. 'milih' topi merah. sebetulnya... berpikir kritis, atau merasa kritis?

Comments