lah ini kenapa jadi bahas macem-macem?!

emang ya harusnya gausa pake janji-janjian. sekarang kepikiran buat lunasin utang nulis 2 hal, tapi mendadak ngga mood. yauda deh anggep aja batal. labil banget, zzz.

ini sekarang ceritanya lagi super mood bikin recap apa-apa aja yang terjadi di taun ini, tapi super butuh bala bantuan jurnal harian gw, yang mana sebetulnya ngga se-harian itu juga nulisnya, walaupun kadang borongan seharian.

lah ini kenapa jadi bahas jurnal harian?!

duh, mendadak males ah ngebahas recap 2012. super ngantuk dan sebetulnya masih ada deadline kantor yang OH GOD WHY dikasihnya pas liburan taun baru. iya sih gw udah kebanyakan libur, tapi tapi tapi... yaudalah ya, kerjain aja, namanya juga kerjaan.

lah ini kenapa jadi bahas kerjaan?!

ah ngga fokus banget deh, udah teler abis seharian pergi trus tiba-tiba dadakan diajakin bonyok nonton habibie-ainun. tadinya gw pikir bakal super awkward moment nonton film beginian sekeluarga. ternyata kursi yang tersisa tinggal row depan, jadilah nonton sendiri-sendiri, ngisi bangku satuan. ini sebetulnya lebih awkward moment sih. malem minggu, nonton sendirian, dan dapet jackpot diapit dua pasangan di kiri dan kanan. yanasib yajomblo yaudalah.

lah ini kenapa jadi bahas pernontonan?!

tuh kan super ngaco! sebetulnya, gw semacam bolak balik "ya ampun ya ampun ya ampun makasih ya Allah" karna dalam setaun ini, tanpa dan dengan diduga, gw bisa pergi ke 3 negara :')

dengan diduga, karna gw emang udah nabung banget buat pergi kemanapun taun ini.

tanpa diduga, karna liburan terakhir ini super dadakan. segalanya disiapin dalam waktu seminggu. mamam banget emang, secara kerjaan kantor lagi susah nyolong waktunya.

sebetulnya pertiketan udah fix banget dibeli 2 minggu sebelumnya, tapi emang dasar deadliner, sepanjang beli tiket sampe h-7 keberangkatan, yang udah dikerjain cuma baca buku panduan wisata doang tanpa bikin itinerary. udah deh rusuhnya baru pas udah deket-deket hari-H.

dan nyebelinnya, bokap dengan semena-mena menjadikan gw sebagai tour guide karbitan. demi apapun orang kaya gw jadi tour guide? wassalam. gw buta jalan, susah baca peta, ceroboh soal perduitan, dan anaknya berantakan soal manajemen acara. cemana bisa-bisanya mengandalkan gw?!

tapi akhirnya mau gamau harus bisa, karna harga diri gw lah yang dipertaruhkan. nyokab meragukan kemampuan gw (GW JUGAAA) dan bersikeras mau pake tur beneran. gw ngga setuju karna mau nyicipin pengalaman bertransportasi umum dan gamau judulnya: travel in hurry. gw mau sekeluarga menikmati liburan kali ini tanpa dikejar-kejar waktu, santai, fleksibel, mandiri, dan mengesankan. udah cukup lah 'hidup cepet' selama ini, sekarang waktunya melonggarkan diri di liburan kali ini. yazek.

sebagai konsekuensinya, gw harus bertanggung jawab terhadap 4 manusia tersayang di lingkaran terkecil gw itu selama di sana. gw sebenernya masih ngga yakin bisa, secara oh secara lalala segalanya, tapi baiklah, tantangan diterima. untungnya kendali per-packing-an, perbekalan, dan perduitan masih dipegang nyokab. tapi teteuuup, pemegang saham plus komisarisnya ya bokap.

terlepas dari ke-ngga yakin-an gw, jadi tour guide gadungan gini ada untungnya juga, karna kendali persiapan ada di tangan gw. dari mulai itinerary, tiket pesawat, sampe penginapan, gw yang atur. ceritanya kali ini mau liburan ala backpacking, trus sempet mikir "ah ini pasti si babeh gamau deh nginep di hostel murah, sempit-sempitan satu kamar" tapi yauda, kalo mau protes ya tanggung jawab cari penginapan. MUAHAHA, mau songong ah kali-kali.

lah ini kenapa jadi bahas liburan?!

yaudalah, mumpung lagi mood dan lagi inget. lanjut aja.

jadi, liburan kilat kali ini berlangsung seru sekali. banyak keki sana-sini karna babeh yang amat skeptis dan ngeyel-an nya masaoloooh! ngga bisa ngeliat gw ragu dikit, pria terganteng dari rombongan kecil ini bergerak TANPA MAU NANYA! ujung-ujungnya salah. sebel banget, isssh. mana makin gw kesel, malah makin digodain. isssh isssh isssh.


contohnya, kejadian waktu di negara transit:

nyokab: "abis ini kemana nih?"
della: "ke imigrasi kalo ngga salah. eh gatau deng. tanya dulu kali ya?"
bokap: "ke situ tuh" (nunjuk arah sebaliknya, trus jalan gitu aja dengan yakinnya)

kami berempat ngikut, dengan asumsi bokap pasti udah tau, udah pengalaman transit dimana-mana. tapi ngga lama kemudian...

bokap: "balik-balik. salah"
della: "jadi kemana pa yang bener?"
bokap: "imigrasi, deket tempat yang tadi"
della: "tuh kaaan!"
bokap: "kamu sih ngga bilang"
della: "kenapa gamau nanya dulu lagiaaan"
bokap: "ya kenapa pada ngikutin papa? ngikutin tour guide nya dong"
della: "AUK AH"


trus ada lagi kejadian lainnya.

jadi ceritanya, ada shit happened koper kami ketinggalan di negara tempat transit, kesalahan dari pihak bandara. mau gamau jorok style, 2 hari pake baju yang sama. untung musim dingin, jadi ngga keringetan. ngga jorok-jorok amat lah ya (pembenaran).

nah, di hari kedua, koper blom nyampe juga, padahal orang bandara ngejanjiin koper bakal dikirim langsung ke penginapan, tapi sampe pagi blom ada kabar apa-apa. mulai gelisah. itinerary hari kedua udah dirombak gara-gara insiden koper ini, gada cerita di hari ketiga harus rombak lagi. akhirnya bokap memutuskan buat balik ke bandara, nanya keadaan kopernya apa kabar.

trus berhubung cuma bokap doang yang balik ke bandara sementara 4 wanita lainnya mau belanja (seenaknya banget emang, haha), akhirnya beli lah 2 sim card buat komunikasi. gw pegang 1, bokap pegang 1. setelah dadah-dadahan di stasiun, blom nyampe 5 menit, bokap nelpon. pembicaraan kami kira-kira sebagai berikut:

bokap: "del, ini stasiunnya bener kan namanya x?"
della: "hah? kok yang itu pa? yang bener y"
bokap: "kamu salah kali. x ah bener"
della: "itu x arah sebaliknya, babeeeh"
bokap: "ah masa?"
della: "ISSSH.. yauda terserah. kalo nyasar della gamau bantuin pokoknya. itu di situ kan ada papan petunjuknya pasti. cek dari situ aja"
bokap: "pasti papan petunjuknya salah"
della: "AUK AH"

terngeyel seantariksa emang babeh guweh.

hikmahnya, setelah hari kedua itu, gw belajar buat manfaatin teknologi di bawah idung secara maksimal buat TANYA jalan, lebih merhatiin segala papan petunjuk, belajar baca trek kereta, dan yang terpenting: sabar ngeladenin babeh. stay calm and take a deep breath. hasilnya adalah: gw berhasil 'menjebak' sekeluarga buat naik kapal ferry dengan modus pura-pura nyasar. soalnya gw tau kalo dikasih pilihan, pasti pada gamau naik ferry. kalo nyasar ya mau gamau kan, MUAHAHA (ketawa setan).

terlepas dari hal-hal sepele tapi bikin pening macem bokap rese ini, liburan kali ini seru sih, secara terakhir kali liburan sekeluarga keluar negeri, segala-galanya masih diurusin bonyok, sekarang gw yang 'ngurusin' bonyok. ah, saya sudah besar :3 (apa sih deeel)

dan yang lebih bikin aih aih aih lagi, jadi dulu tuh ceritanya gw niatnya mau liburan ke hongkong bareng maya. tapi mengingat gw baru sembuh patah tulang sekitar sebulan an, itu namanya nekat buta. batal deh akhirnya. dilarang sama bonyok juga lagian, hiks.

awalnya keki berat, tapi emang Yang Maha Memberi Kejutan itu sukanya ngasih kejutan ya. tanpa disangka-sangka, gw dapet rezeki buat ke jepang bareng karina dan ihlen di bulan ultah gw. trus di bulan terakhir di taun 2012 ini, gw bisa ke hongkong sekeluarga, pas natal. sesuatu banget!

ngga nyangka, waktu itu gw super sebel nan sedih karna ngga bisa ke hongkong, trus 'diganti' sama jepang, eeeh, akhirnya bisa juga ke hongkong. dan tentunya, ke thailand bareng unit super, madah bahana. 3 negara dalam 1 tahun, dengan lingkaran yang beda-beda.

kan, nikmat mana yang engkau dustakan, kan kan kaaan? alhamdulillah banget :') kalo ngga bersyukur mah ganti nama aja jadi "keterlaluan"

sebetulnya gw sempet kesel juga sih gara-gara ngga bisa copot pen tepat di saat satu taunan pen gw, dengan alasan itu operasinya seminggu sebelum pergi liburan, nyokab mau ke gede bage, dan bokap mau sepedaan. ALASAN CEMANAAA???!!!

mana dengan super jahatnya, bokap bilang gini "kamu kan abis operasi pasti kakinya masih bolong-bolong. kalo potel ketendang orang di tengah jalan, pulang sendiri aja sana" ini dikata kaki gw barbie KW 3 apa ya, ketendang potel. lagian lebay banget bolong-bolong. macem paralon. zzz.

tapi setelah dipikir-pikir, emang rezekinya si pen kali ya nyicipin keliling dulu kemana-mana sebelum akhirnya lepas masa tugasnya. yaudalah ya. toh ngga ganggu-ganggu amat kecuali kalo lagi dingin sama kecapean doang. ngilu pisan euy! tapi hajar bleh lah ya, cupu amat ngilu doang.

lah ini kenapa jadi bahas pen?!

ya intinya, masih ada peer sekian tulisan. men mamen, udah ah stop nyusahin diri sendiri.

Comments