Hari ke-1: Indonesia di Mata Orang Jepang

Review buku ini bisa dibaca di sini

Pertama kali liat buku ini di toko buku, gw langsung tertarik sama sampulnya. Haha, anak sampul banget ya. Waktu itu, gw lagi iseng liat-liat rak buku yang jarang gw lewatin, sembari nunggu temen. Gw iseng buka-buka halamannya dan baca sepintas lalu.

Hari ini, lagi-lagi, sembari nunggu temen, gw kembali menghampiri rak di mana buku itu berada. Berhubung nunggu 'cukup' lama (baca: 4 JAM! Mamam noh 'cukup'), gw jadi punya kesempatan buat baca-baca gratisan agak lama. Lumayan lah.

Penulis berkebangsaan Jepang ini bercerita tentang Indonesia di matanya, sesuai judul bukunya. Menarik banget ngeliat gimana pandangan orang asing terhadap negeri ini. Orang dari negara maju, yang cukup lama tinggal di negara berkembang, Indonesia.

Baca buku ini, gw tercenung. Malu. Kato-san, sang penulis, orang asing, bahkan bisa sebegitu cintanya sama Indonesia. Gw sebagai bangsa Indonesia, apa kabar? Oke, mari introspeksi diri.

Terus, apa yang mau lo lakuin, del? Gw mau mulai membiasakan diri pake huruf kapital dengan baik dan benar, juga ngga mencampur adukkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kecuali emang nggak ada atau susah cari padanan kata dalam bahasa Indonesianya.

Dimulai dari hal sesimpel penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, walaupun belum sepenuhnya "baik dan benar", semoga bisa sedikit membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Kira-kira, seberapa lama ya gw bisa bertahan? Secara kosakata bahasa Indonesia gw kan cetek, haha. Yah, mari kita lihat aja nanti.

Comments

ananda anwar said…
Menarik. Salam kenal ya. Ditunggu cerita-ceritanya 29 hari ke depan. :)
Ulwan Fakhri said…
haha aku juga lagi baca buku ini. paling keren itu tulisannya tentang 'keistimewaan' orang Indonesia yang makan pakai tangan.
bukunya sama sekali ga mengecewakan, malah bikin aku agak kecewa kenapa kok aku sendiri kurang menghargai Ibu Pertiwi :)

@tambahganteng
@Ananda Anwar: Salam kenal juga. Ditunggu ceritanya juga, hehe :D

@Ulwan Fakhri: NAH! Bikin jadi introspeksi ya. Orang asing aja bisa segitu menghargai Indonesia, kita yang orang Indonesia sendiri, gimana?

Btw, makasih ya udah mampir :D
kikie said…
hai! lihat ini dari twitter @30haribercerita :)

wah, jadi mau baca bukunya..

akhir-akhir ini kadang aku memikirkan.. kenapa ya orang indonesia kalo ngomongin indonesia sendiri lebih banyak ngomongin negatifnya. apalagi mengenai kita sendiri, orang indonesia.
hai juga :D

iya, kadang suka miris sendiri, padahal orang luar bisa segitu kagumnya sama negara kita. kenapa ya? (ikutan bertanya-tanya juga)