Perjalanan

Dini: "Gw pengen ke Jepang sama lo sama Yuni"

Gw: "YUK ke Jepang!"

Dini: Iya itu mimpi gw dari SMA. Inget nggak kita pernah janjian kalo udah gawe mau ke Jepang bareng atau ke mana deh yang penting luar negeri. Bertiga aja"

Ya ampun, masih inget aja ini anak. Sekarang, gw udah kerja. Yuni udah kerja. Di BI pula. Gaul banget. Dini akan kerja di Bank Mandiri. Ini temen-temen gw kenapa pada gaul-gaul amat deh karirnya.

Gara-gara ini, gw jadi inget satu lagi mimpi dari SMP: ke Singapore bareng Karina sama Rasti. Cetek banget emang khayalan bocah-bocah. Di jaman itu blom ada Air Asia, Jet Star, dan kawan-kawannya. Tiket pesawat masih mahal dan pergi ke luar negeri bareng temen-temen, untuk ukuran anak SMP tuh masih di angan-angan banget kayaknya.

Trus tau-tau Rasti kuliah di Singapore dan yang ada malah Karina duluan yang ke Singapore bareng Rasti, sementara gw jadinya ke Jepang bareng Karina, dan HAMPIR ketemuan sama Rasti di Hongkong. Tapi pergi bertiga, bahkan ke tempat sedeket Singapore, belom juga. Boro-boro, Bandung doang aja belom pernah.

Lucu ya gimana seiring perubahan waktu dan pertambahan umur, persepsi tentang jarak juga jadi berubah. Dulu kayaknya Singapore tuh ja u u u h b a n g e t, tapi sekarang kayaknya deketbanget. Padahal mah jaraknya podo wae.

Dan sebetulnya, esensi dari sebuah perjalanan itu bukan tempat tujuan, tapi petualangan di perjalanan. Yang bikin perjalanan jadi menyenangkan itu bukan ditentukan oleh penginapan, makanan, atau kendaraan, tapi oleh rekan seperjalanan. Bukan berapa banyak belanjaan yang dibawa pulang, tapi berapa banyak kisah yang bisa diceritakan ulang.

Sekarang udah pada gawe, jadiin kenyataan, yuk? Taun ini bisa nggak ya? Haha, orang gila maruk. Yah, punya mimpi gada salahnya lah ya. Sama satu mimpi lagi, hihi, tapi rekan seperjalanannya belom ketemu. Aamiin dulu aja deh.

Well, you'll never know where dream will lead you to anyway, yes? ;)

Comments

ananda anwar said…
betuul..saya setuju. kalau pergi2 jauh tuh yang penting rekan seperjalanannya dan pengalaman yg dibawa setelah pulang. :D

semoga bisa kesampaian yaaa angan2nya yang lain. :)

btw saya dari sd kepingin sekali ke London. hahaha kapan yaaa beneran kesanaaa....?!
Aduh, ganjil deh bilang "saya". Pake "gw-lo" gpp nggak? Hehehe :D

Aamiin aamiin. Makasiiih.

Gw juga pengen ke London, ke Paris, pokoknya keliling Eropa, terus keliling dunia, haha, cita-cita seluas bumi.