INFP


Gara-gara Cune nge-post gambar di atas di Tumblr-nya, gw jadi inget, dulu pernah ada masa di mana segala tes gw cobain, dari mulai personality test sampe personality disorder test.

Dan itu bervariasi, dengan beragam tipe tes dari berbagai sumber, berhari-hari. Bahkan sampe nyampur-nyampur ke zodiak, shio, golongan darah, dan segala rupa lainnya. Haha, kurang kerjaan banget emang.

Pada dasarnya, gw emang suka nyari tau tentang diri sendiri sih. Soalnya kadang ya, gw suka ngerasa, bahkan gw sendiri pun suka nggak paham sama diri sendiri. Masih banyak hal-hal baru yang ternyata gw baru tau.

Lucu ya, kita suka bilang orang lain sok tau kalo lagi komentar tentang kita, tapi siapa yang tau kalo orang lain ternyata lebih tau tentang kita? Jadi, yang sok tau siapa sekarang?

Eh tapi bukan berarti gw membenarkan orang lain men-judge diri kita sih, cuma yaaah.. kadang, penilaian orang lain tuh ada benernya, sama kayak penilaian kita juga kadang ada salahnya.

Oke, daripada kelamaan muter-muter, langsung aja deh ke topik yang mau dibahas: INFP.

Jadi, karna postingan Cune yang tadi itu, gw jadi nyari-nyari lagi tesnya, trus ketemu tes ini, dan secara mengejutkan, gw dapetnya INFP. Kata Cune sih nggak mengejutkan karna keliatan, haha. Tapi buat gw mengejutkan, karna kayaknya dulu gw bukan itu.

Trus gw jadi mikir, kepribadian seseorang emangnya bisa berubah ya? Bukannya itu justru material dasar? Ibarat perhiasan, gelang emas ya terbuat dari emas, cincin berlian dari berlian (Ya menurut ngana? Masa dari beras?) Yah, kadang campuran sih, nggak murni.

Karna gw nggak yakin, gw ngerjain ulang tesnya, 3x. Pertama, ngerjain tanpa mikir. Kedua, pake mikir "biasanya gw gimana ya?" Ketiga, pake merenung "gw maunya gw jadi kayak gimana ya?"

Lagi-lagi, secara mengejutkan, tiga-tiganya hasilnya INFP. Bah. Cemana pula lah bisa begitu. Oh ya, gw blom ngejelasin ya apa itu INFP.

Jadi, dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kepribadian manusia itu dibagi 8: Extravert-Introvert, Sensor-iNtuitive, Feeler-Thinker, Perceiver-Judger.

Dari 8 pembagian itu, di-mixed up jadi 4. Kombinasinya ada 16: ESFP, ENFP, ESTP, ENTP, ESFJ, ENFJ, ESTJ, ENTJ, ISFP, INFP, ISTP, INTP, ISFJ, INFJ, ISTJ, INTJ. Fiuh, banyak juga ya. Penjelasan masing-masing kombinasi bisa diliat di sini.

Seperti yang tadi gw bilang, hasil gw adalah INFP: Introvert, iNtuitive, Feeler, Perceiver. Penjelasannya bisa diliat di gambar atau di sinisini, atau sini (males jelasin, haha).

Iseng, gw main tebak-tebakan sama diri sendiri sblom mulai tesnya, semacam "ah gw kayaknya ENFP deh nih. Atau ENTP. Atau INTP". Tapi ternyata tetooot. Salah. Kok bisa ya? Ya kenapa nggak? Apa sih yang nggak bisa di dunia ini? (Nanya sendiri jawab sendiri).

Barusan, karna kebangun dan nggak bisa tidur lagi, gw nyari-nyari lagi tentang INFP ini. Penasaran. Trus iseng ngetes lagi dari sumber yang berbeda. Ujung-ujungnya INFP lagi. ZZZ. Yaudalah, terima aja.

Masih 'mentah' dan versi asumsi sih, cuma gara-gara beginian, gw jadi mikir:
"What you really are and what you really wish you were are different"
Ah tuh kaaan, gw sebenernya thinker deh, karna suka insecure sendiri kalo berpendapat tanpa landasan fakta yang kuat. Minimal googling lah, baca-baca dikit. Eh tapi feeler juga sih, karna gw cenderung pake feeling buat memutuskan sesuatu, dan alesannya suka nggak rasional. Yaaa.. 50-50 deh.

Ah tau lah. Mari nikmati saja apa pun kepribadiannya.

No comments:

Powered by Blogger.