Random 12: Random Blogwalking

"You are what you write"
Gw selalu percaya kata-kata ini. Mau sehebat apa pun pencitraan seseorang, tetep akan terlihat aslinya dari tulisannya. Karna dari tulisan, terlihat apa yang dia baca, tonton, dengar, amati, sentuh, rasa, dan lainnya. Karna menulis itu tentang membuka semua indera, dan membaginya pada dunia *hazek hazek hoi hoi.

Jadi, barusan banget gw abis scroll timeline Twitter yang mengarahkan pada link menarik yang mengarahkan pada link-link menarik lainnya. Random blogwalking.

Beberapa yang baru gw baca adalah tentang kumpulan surat cinta. Tentang perjalanan seorang anak SMA dalam mencapai program studi di universitas impiannya. Tentang obituari seseorang mengenai kekasihnya. Tentang... dunia.

Suka. Dan jadi kepikiran buat ditulis dalam postingan kali ini.

Entah gimana, kalo ditelisik, tulisan-tulisan yang gw suka biasanya auranya mirip. Kuat dari pertama baca. Punya gaya bahasa yang beda-beda, tapi hmm.. apa ya namanya? Punya jiwa (?) yang serupa, mungkin? Haha, auk ah. Gw susah mendeskripsikan.

Sekilas, mungkin terkesan random banget. Klak-klik sana-sini, entah gimana tiba-tiba nyasar ke sana-kemari. Tapi sebetulnya, tanpa sadar, gw mengarahkan diri buat baca apa yang pengen gw baca, yang sesuai dengan suasana.

Udah selesai 'jalan-jalan' nya, baru ngeh deh kalo ternyata serangkaian tulisan yang gw baca di waktu yang berdekatan, yang gw kira random, ternyata se-aliran. Dan seringnya, ngeh-nya telat.

Ini penilaian subjektif banget. Buat gw, blog yang menarik itu punya beberapa ciri:

1. Tulisannya rapi, dalam artian dia menulis secara terstruktur. Tau banget apa yang mau disampaikan. Tau banget gimana caranya bercerita. Membuka, menuturkan, dan menutup kisah dengan baik.

2. Pemilihan kata dan gaya bahasanya cocok dengan selera gw (iya, gw udah bilang dari awal kan? Penilaiannya subjektif. Masalah selera, itu super subjektif).

3. Aura nya 'bersinar', yang terpancar dari ketertarikan si penulis terhadap sesuatu yang sedang dibahasnya. Passionate. Seseorang dengan passion yang kuat akan punya aura yang kuat pula dalam tulisannya, yang menjadikan tulisan tersebut 'bersinar' dan terlihat 'hidup'.

4. Menulis dari hati. Tulisan kesukaan gw bukan yang sarat informasi, data, dan istilah-istilah yang bikin 'silau', tapi yang menyisipkan emosi di antara pengalaman dan pengetahuan yang si penulis itu bagi dalam tulisannya. Karna yang menarik bukan lagi tentang isi berita, tapi tentang bagaimana seseorang memaknai sebuah berita dan menuangkannya menjadi sebuah cerita.

5. Ergonomis. Duh apa sih istilahnya? Ya pokoknya yang secara tampilan visual, nyaman lah buat mata. Dari mulai pemilihan jenis font, ukuran, warna, sampai gimana dia membagi-bagi paragraf. Ngga kepanjangan, tapi juga ngga kependekan. Menyisakan ruang bagi mata untuk 'bernapas', sekaligus membuat pembaca lupa 'bernapas'. Padat tapi bukan rapat. Ringkas.

6. Berkarakter. Berhubungan dengan nomer 3, 'aura' itu juga terbentuk dari gimana tulisan-tulisan yang dimuat dalam suatu blog menggambarkan karakter si penulis. Lagi-lagi, tentang "you are what you write". Tulisan yang menarik, mencerminkan pribadi yang menarik.

7. Humble dan ngga judging. Tulisan yang rendah hati emang selalu menyenangkan untuk dibaca. Dia tau kalo di atas langit masih ada langit. Si penulis juga sadar banget kalo hidup itu tentang pembelajaran. Dia cerdas, kritis, dan alih-alih membuat pernyataan, dia lebih banyak membuat pertanyaan, yang bikin pembacanya jadi ikut bertanya-tanya, tanpa berasa 'dituduh'.

8. Sederhana. Frase populer "bahagia itu sederhana" itu nyata adanya. Gw pecinta hal-hal sederhana dan bisa bahagia cuma dengan baca tulisan-tulisan yang sederhana. 'Cetek' ya? Haha. Tapi, sederhana itu sebenernya 'sari-sari' dari hal yang rumit. Makanya, gw selalu terkagum-kagum sama orang yang bisa meng-ekstrak apa-apa yang rumit jadi sederhana untuk dibaca, sekaligus sarat makna.

Jadi, kepada blog-blog random yang menarik yang saya jelajahi, terima kasih telah berbagi dan menginspirasi :)

Comments