Random 14: Liebster Blog Award


Berhubung ngga bisa tidur yang bukan karna insomnia melainkan karna koneksi internet, gw iseng blogwalking dan cukup kaget mendapat 'kejutan' tag Liebster Blog Award dari Kane, seorang temannya teman yang kebetulan dipertemukan di dunia maya lewat proyek #30harimenulis Januari lalu.

Apa sih Liebster Blog Award itu?

Berdasarkan penjelasan dari Kane dalam blognya, yang bersumber dari Google, Liebster Blog Award merupakan sebuah apresiasi untuk Blogger yang patut dilirik, yang punya follower kurang dari 200. "Liebster" sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya "favorit". Jadi, terjemahan Liebster Blog Award secara harfiah adalah "penghargaan untuk blog favorit"

Aih, saya terharu. Makasih Kane :'

Scroll-scroll-scroll, baca-baca-baca, trus... loh? Kok? Isinya tentang film ya? Pertanyaan yang diajukan pun tentang film. Walaaah! Punten neng, abdi teh teu ngartos pilm. Kumaha atuh? Haha. Saya cuma penyuka yang biasa saja.

Walaupun agak kurang percaya diri ngerjain award-award-an ini karna gw ngga merasa sebagai seorang movie-mania, tapi yauda, gw coba deh. Toh sejujurnya, main tag-tag-an gini bikin gw senyum-senyum sendiri, nostalgia zaman bulletin board Friendster dan notes Facebook. Hihihi.

###

Sebelum dimulai, ada beberapa peraturan, yaitu:


  1. Ungkapkan rasa terima kasih pada sang pemberi nominasi Liebster Award ini, dan jangan lupa gunakan link blog orang yang bersangkutan (nuhun Neng Kane award nya)
  2. Cantumkan logo Liebster Award di postingan Anda (Googling it is then)
  3. Jawab 11 pertanyaan yang diajukan oleh orang yang menominasikan blog Anda (kenapa harus 11 ya? Hmm..)
  4. Sebelumnya, tulis 11 fakta tentang diri Anda sendiri (lah? Disuruh narsis nih ceritanya? Haha, baiklah)
  5. Siapkan 11 pertanyaan baru buatan Anda sendiri (siap bos!)
  6. Kirimkan 11 pertanyaan baru tersebut ke 11 teman blogger pilihan Anda, jangan lupa cantumkan link teman-teman blogger Anda tersebut
  7. Jangan lupa beritahu sang blogger penerima Liebster Award (will do)
  8. Terakhir, jangan lupa tulis cara ikutan Liebster Award ini di postingan Anda


###

Nampaknya postingan kali ini akan panjang. Oke, jadi... ngerjain yang nomer 4 dulu ya? Sip. 11 fakta tentang diri saya (ini harus pake 'saya' ya?):

1. Penyuka angka 8 untuk beberapa alasan. Pertama, karna angka 8 adalah angka abadi. Kedua, karna merupakan angka yang indah, simetris apabila di-mirror. Ketiga, tanggal (3) dan bulan (5) lahir saya jika dijumlah, hasilnya 8. Keempat, angkatan SMP saya. Kelima, terselip nama saya di situ: DELLApan (HAHA, maap maap narsis).

2. Pecinta kucing dan warna merah.

3. Sedang mengerjakan proyek 30 hari menulis untuk yang ke-sekian kalinya, dan ngga bosen-bosennya, walaupun banyak bolongnya.

4. Sanguine-phlegmatis, INFP (Introvert iNtuitive Feeler Perceiver), bergolongan darah B, ber-sun sign Taurus dan moon sign Aries, serta bershio ular.

5. Berprinsip "makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang" namun penganut aliran "food for pleasure" sehingga tetap sulit mengendalikan nafsu untuk makan-minum atas nama ngidam dan pemuas rasa penasaran.

6. Cita-cita masa kecil saya adalah menjadi pramugari. Pernah mencoba tes masuk pramugari. Gagal 3 kali dan akhirnya mencoretnya dari list mimpi. Waktu SMP ingin sekali membuat iklan untuk Coca-Cola, Nestle, dan bekerja di Disney Company. Akhirnya terwujud keinginan belajar advertising waktu kuliah, namun bimbang selepas kuliah. Cita-cita lainnya, ingin jadi penulis, pelukis, penari, pengajar, pengamat manusia, dan pencerita (banyak ya ternyata, hahaha).

7. Berangan-angan mengunjungi semua Disneyland yang ada di dunia bersama pasangan dan anak-anak saya nanti, sebelum mereka dewasa.

8. Hobi bermonolog ria dan bertanya-tanya. Percaya bahwa di suatu ruang di dalam otak, homonculus tinggal di sana. Bukan cuma satu, tapi banyak. Berkawan sekaligus bermusuhan. Seringkali berbeda pendapat, tapi sepakat untuk tidak sepakat. Entahlah, saya ini semi-schizophrenia, mungkin?

9. Kidal dan bosan ditanya "kalo cebok pake tangan apa?"

10. Ini jarang sekali saya ungkapkan, tapi saya tidak menggunakan istilah "sahabat". Strata tertinggi saya dalam pertemanan adalah "teman dekat". Entah kenapa, saya merasa istilah "sahabat" itu terlalu pekat.

11. Saya 'gerah' kalau lihat sendok-garpu ditaruh di piring dalam keadaan terbuka, padahal makanan sudah habis. Terasa seperti belum tuntas. Selesaikan. Tutup sendok-garpunya.

###

Sekarang, mari menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kane:

1. Film yang paling pertama ditonton seumur hidup?

Film yang pertama ditonton di bioskop apa di mana? Kalau yang pertama ditonton di bioskop itu kalau ngga salah inget, "Lion King" (1994), waktu SD.

2. Sebutkan 3 quotes favorit dalam film, dan film apa sajakah?

Huwaaah quotes favorit mah banyak! Saya SUKA SEKALI quote-quote dalam film. Bagi saya, sebuah film yang bagus itu salah satu indikatornya adalah yang quotable. Duh, harus 3 banget ya? Nambah deh nambah. 5 deh, ya ya ya? (diiih, nawar).

Pertama: "Distraction is an obstruction for the construction. Organization always merge back if you don't pay attention" dari film Science of Sleep (2006).

Kedua: "One day middle school will end become high school and after that it just become life. All those things you think are important now won't be anymore" dari film Diary of Wimpy Kid (2010).

Ketiga: "Some of us get dipped in flat, some in satin, some in gloss; but every once in a while, you find someone who's iridescent, and once you do, nothing will ever compare" dari film Flipped (2010).

Keempat: "Have you ever heard a joke so many times you've forgotten why it's funny? And then you hear it again and suddenly it's new. You remember why you loved it in the first place" dari film Big Fish (2003).

Kelima: "When the fight was over, nothing was solved, but nothing mattered" dari film Fight Club (1999).

3. Sebutkan 3 soundtrack film yang terngiang-ngiang di telinga sampai detik ini?

Mostly Disney's, haha. Under the Sea nya Little Mermaid (1989). Hakuna Matata nya Lion King (1994). Part of Your World nya Little Mermaid *lagi* (1989).

4. Lebih suka menonton di bioskop, dari DVD, atau hasil unduhan sendiri?

Hmm.. lebih suka yang mana ya? Semua punya sensasi tersendiri sih. Bioskop: layarnya besar, audio nya menggelegar, dan menyenangkan untuk aktivitas komunal aka nobar. DVD: yang original kadang ada bonus nya, dan kalau berhasil nemu DVD (bajakan maupun original) yang susah dicari, rasanya... berprestasi. Hasil unduhan sendiri: ngga perlu keluar duit, haha. Cuma perlu sabar, telaten mencari, dan koneksi internet yang stabil. Selain itu, bisa ditonton di mana aja dan bisa berbagi (baca: transaksi data). Jadi kalau disuruh memilih, hmm.. untuk sekarang ini, saya lebih memilih hasil unduhan sendiri. Iya maaf, saya masih pro film bajakan.

5. Pernahkan menonton film pendek-dari segala sumber media? Kalau pernah, film pendek apa yang paling disukai?

Pernah, dan saya sangat suka film animasi pendek. Salah satunya adalah "La Maison en Petit Cubes" (2008). Awalnya saya kira ini film Perancis, ternyata bukan. Film ini berasal dari Jepang, dengan judul asli "Tsumiki no Le" yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi "House of Small Cubes".

Film berdurasi 12 menit yang powerful dan manis-miris, bercerita tentang seorang kakek yang tinggal di kota yang terendam banjir, sehingga terpaksa membangun rumahnya bertingkat-tingkat agar tetap kering. Suatu hari, pipa rokoknya terjatuh ke dalam lubang air, sehingga mau tak mau ia harus menyelam dan mengambilnya. Di situlah, ia menemukan... kenangan.

Bisa ditonton di sini:


6. Film tanah air terfavorit?

Ada dua. Saya sulit menentukan mana yang lebih favorit antara "Jomblo" (2006) dan "Catatan Akhir Sekolah" (2005). Dua film tersebut saya tonton saat SMA, dan tiap kali menonton ulang, rasanya seperti memory recaller masa-masa SMA. Lucunya, saat saya menonton ulang film "Jomblo", saya sekaligus teringat akan memori zaman kuliah. Hihi, mengenang itu menyenangkan ya.

7. Aktor/aktris tanah air terfavorit?

Aktor: Reza Rahadian. Aktris: Ladya Cheryl. Kenapa mereka? Reza Rahadian karna saya anaknya mainstream. Haha, ngga deng. Karna di beberapa film Reza Rahadian yang pernah saya tonton, semuanya saya suka aktingnya. "Hari Untuk Amanda" (2010), "Alangkah Lucunya Negeri Ini" (2010), "?" (2011), "Perahu Kertas 1-2" (2012), "Test Pack" (2012), dan terakhir "Habibie & Ainun" (2012). Semuanya berkesan dalam ingatan sampai sekarang.

Begitu juga dengan Ladya Cheryl. Dari film pertamanya, "Ada Apa Dengan Cinta" (2002), sosok Ladya Cheryl sudah menarik perhatian saya. Ditambah aktingnya sebagai seorang psikopat dalam film "Fiksi" (2008), dan yang terakhir "Kebun Binatang" (2012), fix menjadikan Ladya Cheryl sebagai aktris favorit saya. Ah, saya sampai sekarang masih penasaran mau nonton "Babi Buta yang Ingin Terbang" (2008) tapi belum kesampaian.

8. Lebih senang mana: film realis atau fiksi fantasi?

Fiksi fantasi, absurd, abstrak, surealis, imajinatif, dengan ending yang menggantung, manis-miris, ngga ketebak, atau ditutup dengan quote yang 'kena banget'. Loh? Bagian itu ngga ditanya ya?

9. Film terfavorit yang diadaptasi dari buku?

"Harry Potter and The Sorcerer's Stone" (2001). Satu-satunya film Harry Potter yang menurut saya pas sekali dengan gambaran saya saat membaca bukunya. Iya, emang kita harusnya ngga membandingkan buku dan film karna jelas-jelas mediumnya aja beda. It's like comparing apples to oranges. Tapi yaaah.. ngga bisa dipungkiri, ada kesenangan tersendiri saat apa yang disajikan secara visual dalam film sesuai dengan bayangan dalam buku, kan?

10. Film yang paling sering ditonton tapi ngga pernah bosan sama sekali?

Apa ya? Banyak! Kalau disuruh milih, mungkin "Little Mermaid" (1989) dan "Lion King" (1994). Suka sekali 2 film animasi Disney itu.

11. Film yang membuat Anda keluar dari bioskop sebelum film selesai?

Ngga pernah kayanya. Pernahnya telat masuk dan filmnya udah mulai, atau ketiduran di bioskop. Atau keluar sebentar buat ke toilet, hehehe.

Fyuh, done! *lap keringet. Panjang banget, haha!

###

Peer selanjutnya: nyiapin 11 pertanyaan:

  1. Pertanyaan paling mendasar tapi paling esensial: kenapa suka nonton film?
  2. Adegan dari film apa yang paling menguras emosi saat nonton? Entah nangis seember, ketawa sampai 6 packs, marah sampai ke ubun-ubun, takut sampai ngga bisa tidur sebulan, bikin tercekat dan breathless, atau apa pun. Dan kenapa?
  3. (Ikut-ikutan Kane) Sebut 5 quotes favorit dalam film, dan film apa aja?
  4. Film apa yang paling membekas, menginspirasi, mengubah hidup, dan bikin lo ngga memandang dunia dengan sama lagi? (lebay ya? Haha. Udah, jawab aja)
  5. Paling suka film-film dari negara mana? Kenapa?
  6. Apa 3 film horor paling menyeramkan yang pernah ditonton?
  7. Bayangkan lo dapet tugas ekspedisi ke luar angkasa selama 100 tahun dan cuma boleh pilih 1 film untuk menemani hari-hari lo selama di sana. Film apa yang bakal lo pilih? Apa alasannya?
  8. Apa film guilty pleasure lo?
  9. Sebut 3 film masa kecil paling favorit?
  10. Lebih suka merhatiin scoring dalam film atau dialog tokohnya?
  11. Yang paling gampang dan 'standar' deh: apa genre film favorit?


###

Ini sebetulnya bagian paling bikin bingung. Tag siapa? Saya kayanya ngga punya banyak teman yang suka mengulas film dalam blog nya, hiks. Tapi yasudah lah. Orang-orang yang mau saya tag ini adalah orang-orang yang aktif nge-blog, saya suka tulisannya, dan blog-nya patut dikunjungi. Atau orang-orang yang udah sekian lama ngga nge-blog tapi selalu saya tunggu-tunggu tulisannya (maksudnya di-tag biar nulis lagi). Orang-orang dengan selera film yang menarik dan/atau orang-orang yang saya super penasaran jawabannya apa. Jadi, buat yang di-tag, kalo ada waktu buat jawab, tolong jawab ya. Saya pasti baca.

Ngomong-ngomong, ini boleh ngajuin pertanyaan yang sama ke orang yang nge-tag ngga sih? Anggep aja boleh lah ya, kan ngga ada dalam peraturan, fufu!

1. http://papierimaginaire.wordpress.com/ (gpp kan? Hehe)
2. http://nienju.wordpress.com/
3. http://gigianggi.blogspot.com/
4. http://anjanie.tumblr.com/
5. http://koinkaca.blogspot.com/
6. http://laughsperminute.blogspot.com/
7. http://uswahabibah.blogspot.com/
8. http://squarepantsbuzz.blogspot.com/
9. http://twistmefun.tumblr.com/
10. http://meong-kucingoranye.blogspot.com/
11. http://pangeranbelendung.blogspot.com/ (khusus Ndun, karna partner mainan proyek nulis random bulan ini, hoho)

###

Demikian posting super panjang kali ini, yang ngerjainnya (hampir) seharian. Dari malem karna ngga bisa tidur, kepotong tidur, bangun dan langsung nulis, dan baru selesai sekarang. Sekian.

Comments