Trust Issue (part 2)

(sambungan)

Sampai mana tadi? OH! Sampai pertimbangan gw untuk menaikkan 'pangkat' beberapa temen deket gw menjadi sahabat.

Well, I haven't decided yet, but I DO consider some names. I won't write all their names down, but I'll share one of them.

Namanya Dini. Temen SMA yang super genggesss. Anaknya kepo berlebih. Kalah deh wartawan infotainment. Kalo udah penasaran, bakal dikejar sampai ke ujung dunia. Anaknya juga paling ngga bisa ngga 'deket' sama orang (aka cowo), walaupun ngga semuanya 'jadi'.

Bukan genit sih, cuma ya emang dia gampang deket aja sama orang. Cantik juga, jadi yaudah, rezekinya dia. Tapi biarpun Dini "tiap tikungan ada abang sayang", anaknya sebetulnya setia. Salut sih.

Doski juga anaknya suka dengan semena-mena ngejadiin gw 'konsultan'. Apa-apa nanya "menurut lo gimana?" Ya bukan menurut guweee.. menurut lo lah Din! Zzz. GENGGES ABIS KAN KAN KAAAN???

Duh, ini kalo anaknya baca ngamuk ngga ya? Huahaha. Bodo ah!

Sebetulnya, selain karna 'trauma', alesan gw masih mengosongkan posisi sahabat itu karna gw selalu berpikir bahwa temen itu datang dan pergi silih berganti. Rata-rata menghilang dengan perlahan tapi pasti.

Jadi, yaudalah. Mungkin pertemanan emang punya masa kadaluwarsa. Ngapain berharap ada yang masih mau nemenin seumur hidup?

Iya, sedalem itu arti sahabat buat gw. "Teman hidup" kalo kata judul lagunya Tulus. Bahkan, buat gw, posisi pasangan itu ada di bawah sahabat, walaupun harusnya sih masuk irisan. Ngok. Ini ribet amat ya.

Ya intinya, gw masih ragu, apa bener ada orang yang bisa dipercaya sebagai sahabat? Orang-orang yang selamanya ngga akan gw 'lepas' dan 'ngelepas' gw gitu aja. Eleuh eleuuuh. Lebay pisan neng. Biarin ah. Kali-kali.

Lanjut soal Dini. Kenapa Dini?

Pertama, kami udah jadi temen deket selama 1 dekade. Gw pernah baca di manaaa.. gitu. Kalo masih awet temenan sampai 7 tahun, berarti akan awet temenan selamanya. Gw aamiin aja deh.

Kedua, kalo tadi alasannya terukur, sekarang lebih abstrak: karna fluktuasi pertemanan kami stabil. Ngga neko-neko banget temenan sama Dini tuh, walaupun........

Gw cuek, dia sporadis.
Gw males, dia rajin.
Gw ngga sensitif, dia super peka.
Gw santai, dia rempong.
Gw socially awkward, dia 'nempelan'.
Gw 'dingin', dia unyu.
Gw individualis, dia kolektivis.
Gw paling ngga bisa ngungkapin hal yang 'lalala banget', dia ekspresif.

Meskipun segitu bertolak belakangnya, sejauh ini sih ngga pernah ada masalah yang berarti. One of the most effortless LDF (Long Distance Friendship) I ever had. Iyuh, apa banget.

Ketiga, karna Dini sering banget nyebut gw sebagai sahabatnya, sementara gw masih takut mengakui. Haha, alesannya cetek ya.

Ini gw beruntung banget sih. Gw yang secuek dan sedingin ini buat usaha ngebangun pertemanan, dikasih temen macem Dini yang 'nrimo'. Sabar banget doski ngadepin gw yang males ngontek duluan dan susah diajak ketemuan karna berbagai alesan. MB misalnya.

Alih-alih protes, dia justru selalu nge-support gw ngembe. Di saat anak non-MB lain cuma bisa bilang "ngembe mulu lo Del" si Dini bahkan pernah bilang "Del, gw abis nonton video MB lo. Ngerti sekarang kenapa lo betah banget ngembe. Good luck ya!"

COBA DEEEH GIMANA NGGA BIKIN SPEECHLESS :'''''''')

Udah gitu, gw kan anaknya ngga terlalu nganggep ultah itu sesuatu yang 'wah'. Inget sih inget, tapi kadang lupa juga. Dan buat gw, ngga perlu lah sampe harus nelfon tengah malem atau kasih surprise dsb. Doa aja sebetulnya udah cukup.

Tapi si Dini, dari dulu selalu konsisten jadi orang pertama yang ngucapin ultah via telfon dan ngga pernah protes kalo gw cuma kirim teks pas dia ultah.

Mana gw kalo sama Dini kan suka ketus. Sebel abisnya ditanyain pendapat yang sebetulnya dia bisa mikir sendiri. Udah gitu suka memperumit masalah yang sebetulnya simpel. Bikin pusing dirinya sendiri.

Walaupun gw udah afal mati sama kehidupan rempong nya, tetep aja sering ngga abis pikir sama jalan pikirannya. Udah ngga keitung omongan 'sadis' yang gw rasa cuma Dini yang bisa nerima tanpa sakit hati dan malah respon "omongan lo nampar gw banget"

Err.. ini sih sebetulnya biar anaknya kapok. Tapi ngga kapok-kapok tuh, heran juga -___-

Well, I'm actually very careful at picking words, because I know I'll feel bad and guilty if people get hurt because of me. Yeah I know, it's a very selfish reason. But with Dini, I can be worry-free about everything, including my choice of words.

Salah satu momen yang bikin lega karna dia tau banget gw gimana adalah saat dia putus. Gw bingung harus ngomong apa waktu itu, nemenin aja sambil elus punggung dan dengerin dia cerita.

Abisnya kan gw sebetulnya seneng dia putus, tapi sedih ngeliat si Dini galau mulu. Gawat juga kaaan kalo gw ngomong trus jatohnya 'pedes'. Walaupun gw tau Dini mungkin udah terbiasa, tapi yaaa.. liat sikon lah. Jadi mending diem, walaupun mati-matian banget nahan buat bilang "I told ya"

Eh si Dini komennya "tumben lo Del ngelus punggung gw. Tau banget gw lagi sedih. Thanks ya"

That "yokatta" moment when........ people can 'read' your awkwardness in doing unusual act and fully understand your inability to say any comforting words.

In sum, the main reason is: because no matter how badass I am, she never leaves me. Proven since 10 years ago. Btw, may I say "I told ya" now? Because you DO deserve better.

Semoga kali ini Allah lupa ngasih tanggal kadaluwarsa :)

Foto 4 tahun yang lalu. Ceritanya mau ikutan lomba 17an. Ngga deng!

Comments