Seleksi PPAN Banten (Part 2)

Pembekalan di Tingkat Kota Tangerang Selatan

Dispora Tangsel ini cukup modal. Kami, para kandidat, cukup beruntung ikut seleksi di Tangsel. Nggak semua kota/kabupaten kasih pembekalan seniat Tangsel, bahkan sampai menginap 3 hari segala di Puncak. Kurang totalitas apa coba?

Di acara pembekalan itu, kandidat PPAN campur dengan kandidat BPAP dan KPN. Apa itu BPAP dan KPN? BPAP singkatan dari Bakti Pemuda Antar Provinsi, dan KPN adalah Kapal Pemuda Nusantara.

Saya nggak akan bahas tentang BPAP dan KPN ini, tapi secara garis besar, program ini mencakup pertukaran pemuda se-Indonesia.

Karena pembekalannya digabung, saya jadi kenalan dengan 14 teman baru dari Kota Tangsel. Apa saja pembekalannya? Pengetahuan umum tentang Banten dan gambaran program dari alumni. Karena alumni PPAN baru hadir di malam kedua, jadi nggak cukup banyak info PPAN yang tergali.

Tapi itu mah nggak jadi alasan buat nggak usaha. Kami berlima, kandidat dari Tangsel, sepakat ketemu lagi sama alumni di luar pembekalan. Buat kenalan dan ngobrol-ngobrol aja sih sebetulnya.

Persiapan Menuju Seleksi Tingkat Provinsi Banten

Tanggal seleksi tingkat provinsi pun mulai di-sounding. Hanya selang sekitar 10 hari dari pembekalan ke seleksi Banten. Saya makin insecure dengan apa yang harus ditampilkan. Tari Banten yang harus rusuh belajar kilat atau tari Paser yang rusuh cari propertinya.

Akhirnya saya putuskan untuk main terompet lagu Banten dan nampilin tari Paser yang udah cukup dikuasai. Tapi itu pun juga setengah mati cari propertinya, terutama Bubu, alat penangkap ikan tradisional. Tanya sana-sini sampai ke Kediri segala, tetep nggak nemu.

Ujungnya minta tolong pengrajin rotan buat bikin Bubu ala-ala. Yaaah, better than nothing lah. Terompet pinjem temen, partitur dan cut lagu Banten minta tolong artis Sentimental Moods, dan aksesori kostum pinjem temen PPAN yang kebetulan guru sanggar.

Pokoknya segala jejaring dan usaha sampai H-1 dikerahkan. Terima kasih teman-teman. Saya makin percaya bahwa orang baik emang ada di mana-mana :')

(Bersambung...)

No comments:

Powered by Blogger.