Paid Off

Saya nggak bisa tidur. Overdosis kafein. Mau numpang ngoceh aja di sini.

Jadi, akhir April lalu, saya masuk kantor baru. Dibajak, tepatnya. Baru masuk, saya udah dicemplungin dalam satu kegiatan yang durasinya cukup panjang. Sebulan, dengan persiapan cuma seminggu. Wakwaw.

Karena saya tau saya nggak bisa gerak sendiri, saya minta bala bantuan dan bawel nanya ini-itu ke mana-mana. Modal saya cuma muka badak minta persetujuan untuk inisiatif mengelola relawan walaupun saat itu masih clueless belum tau harus ngapain.

Modal tambahan: tekad dan nekat.

Singkat cerita, sebulan berlalu. Pilot project yang jelasss.. banyak kekurangan di sana-sini, semangat naik-turun, dan bukan sekali-dua kali rasanya pengen buru-buru udahan. Mengelola relawan di tengah birokrasi yang kental itu susah-susah-gampang.

Sempat iri ke teman saat dia cerita betapa menyenangkannya ketika acaranya sukses dan semua senang. "Gw pengen ngerasain paid off juga deh. Kapan ya?" keluh saya yang saat itu udah super capek. Baik fisik maupun mental karena 'baterai sosial' abis.

Selasa lalu (14/06), akhirnya momen paid-off yang dinanti terwujud juga. Buka puasa bersama Pak Anies sekaligus penutupan relawan. Rasanya bangga punya tim yang dibentuk dalam waktu singkat, tapi perkembangannya signifikan.

Terlintas di benak saya kata-kata untuk kalender 2016 Paser:
"Belajar itu paling enak. Kalau sukses, ya karena belajar. Kalau gagal, ya namanya juga belajar"
Beberapa hari sebelumnya, saya sibuk mengumpulkan cerita mereka sebagai bahan laporan. Karena bingung formatnya, saya buat saja dengan konsep refleksi sederhana. Apa yang dikerjakan? Apa kendalanya? Apa yang dipelajari? Apa yang bisa ditingkatkan?

Membaca dan mendengar cerita mereka, saya bisa menyimpulkan bahwa sebulan kemarin memang kami semua sedang belajar, dan semoga nggak akan pernah berhenti belajar. Selalu ada pertama kali dalam hal apa pun.

Life is such a never ending learning process. To live is to learn. And those who stop learning, stop living. So yeah, now I can say it's finally paid off! At least we all learn something and give meaning to it. Good job, guys!

"Mengalami itu mengambil hikmah dari yang dijalani" -Anies Baswedan

Video buka puasa bersama Mendikbud dan relawan bisa dilihat di sini

No comments:

Powered by Blogger.