Perspektif

Dulu punya cita-cita berkarir jadi copywriter, sampai ambil jurusan iklan pas kuliah. Nggak kesampean, tapi punya banyak kesempatan main kata walau bukan di agensi.

Dulu pengen banget jadi penari, sampai ikut kursus jazz ballet, UKM tari, color guard, dsb. Nggak kesampean, tapi punya banyak kesempatan nari walau bukan penari profesional.

Dulu pengen banget kerja pake baju kantor keren, ala ala wanita karir eksekutif muda gitu. Nggak kesampean, tapi punya banyak kesempatan interaksi dengan korporat walau jenjang karirnya nggak ke sana.

Dulu nggak pernah kebayang jadi konsultan pemasaran, ngurusin agenda sains bareng para profesor, jadi guru di pedalaman, kerja di pemerintahan, terlibat kampanye politik, bahkan jalanin bisnis.

Kalau kekeuh sama 'menjadi apa', pasti bawaannya kesel, nyesel. Tapi kalau ubah perspektif 'membantu (si)apa', peran tuh jadi nggak terlalu signifikan. Karena bisa gonta-ganti seabsurd itu.

Kalau terus-terusan ngiri, nggak bakal ngeh tuh bahwa apa-apa yang dikerjakan sebetulnya ngasih kesempatan buat eksplorasi ranah yang dulunya pengen banget.

Intinya mah perkara perspektif. Mari bersyukur!

No comments:

Powered by Blogger.